tips-membeli-ac-split

Memperhatikan Hal Penting Sebelum Membeli Ac Split

Kipas angin mungkin sangat berguna dan sifatnya lebih portabel sehingga dapat dibawa kemanapun akan tetapi, kipas hanya memberikan angin rasa sejuk dan bukan dingin. Yang dapat memberikn kesejukan sekaligus rasa dingin adalah ac split. Namun membeli ac tidak semudah membalikan telapak tangan sebab Anda harus mengetahui apa yang harus dilihat dan juga bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Hal Penting yang Diperhatikan Sebelum Membeli Ac Split

Membeli ac split tidak mudah sebab terdapat banyak sekali pertimbangan yang harus Anda lakukan. Ibarat membeli ikan, seorang ibu pasti akan melihat terlebih dahulu ikan mana yang ingin mereka masak dan mereka pasti akan memilih ikan dengan hati-hati dan mencari yang segar. Bukan hanya dengan melihat, namun mereka juga merabanya serta menciumnya agar menemukan yang terbaik untuk keluarga. Meskipun membeli ac tidak perlu dicium dan dibongkar seluruh komponen yang terdapat di dalamnya, namun intinya Anda harus menemukan yang terbaik seperti ibu yang membeli ikan di pasar. Apabila tidak hati-hati, maka biasany barang yang telah dibeli tidak bisa dikembalikan.

Dikembalikan jika memang kerusakan dari dalam namun uang yang telah disetorkan mungkin akan kembali dalam jangka waktu yang lama sesuai prosedur. Anda jadi harus rugi waktu dan juga uang apabila tidak mendapatkan ac split yang terbaik. Salah satu cara untuk membeli ac yang tepat adalah mempertimbangkan merk. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali produk ac impor maupun yang asli buatan Indonesia. Anda dapat memilih ac yang berasal dari produsen ac berkualitas ataupun pabrik elektronik yang telah lama beroperasi dan juga berpengalaman dalam pembuatan ac maupun elektronik lainnya. Biasanya merk yang ternama selalu muncul di dalam iklan.

Anda juga dapat melihat dengan jelas merk yang terdapat di beberapa elektronik milik Anda dan jika elektronik tersebut bertahan dengan lama atau berumur panjang dan jarang rusak, maka dapat dipastikan jika ac split yang mereka buat juga memiliki ketahanan yang sangat hebat. Namun bukan hanya merk saja yang menjadi pertimbangan karena Anda juga harus melihat jarak antara indoor serta outdoor unitnya. Jangan sampai jarak antara keduanya melebihi dari jaraka maksimum yang telah ditetapkan. Intinya adalah posisi dari bagian outdoor harus lebih rendah dibandingkan dengan bagian indoornya dan posisi dari indoor jangan terlalu dekat dengan bagian plafon atau langit atap.

Hal ini disebabkan karen terdapat return air yang ada di bagian atas dan Anda juga harus memperhatikan pipa pemasangan. Cobalah untuk menekukan pipa yang memiliki kualitas sangat bagus sehingga tidak mudah bocor atau airnya merembes di tembok sebab hal ini akan menyebabkan tembok menjadi lembab dan akhirnya berkarat. Panggil selalu tikang servis ac untuk membersihkan bagian komponenya setiap tiga atau enam bulan sekali sehingga kerja dari kompresor dan alat lainnya akan tetap bersih dan terjaga. Selain itu, jangan pernah mengeset atau mengatur suhu ruangan sangat dingin sebab ini akan menyebabkan kerja dari kompresor menjadi berat.

Ketika suhu ac menjadi 25C atau sekitar 24C, maka kompresor akan mati dan akhirnya menyala lagi ketika suhu ruangan mencapai 26C. Saat kompresor mati, maka yang bekerja hanyalah motor fan saja dan memberikan angin. Jika Anda ingin menggunakan ruangan dengan cepat namun ac menyala di posisi yang tinggi, maka Anda bisa menutup pintunya lebih dulu dan jangan langsung masuk. Masuklah setelah beberapa menit di saat udara dingin telah memenuhi ruangan.

Dengan memperhatikan hal penting dalam merawat dan juga membeli ac split, maka Anda akan menjadi konsumen pandai yang mampu memanfaatkan elektronik dengan bijak.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment