Mengapa AC Anda berisik

Terkadang rasa nyaman sedikit terganggu karena suara Air Conditioner yang sedikit berisik. Sebenarnya faktor ini seharusnya menjadi pertimbangan anda ketika ingin membeli Air Conditioner, terutama untuk pemasangan dirumah.

Jika anda sudah memilih air conditioner yang tidak berisik namun tetap saja ada suara suara yang tidak enak didengar, maka mungkin disebabkan oleh bebebrapa hal berikut ini:

1.Mungkin ada bautnya yang kendor
2.Sabuk belt
3.Bearing kompresor kendor
4.Dudukan penyangga air conditioner kurang rata
5.Kurangnya suplai tekanan

1.Berisik karena baut yang kendor

Getaran air conditioner ketika beroperasi mungkin saja menyebabkan beberapa baut air conditioner anda longgar. Atau juga disebabkan oleh proses pemasangan yang kurang kuat sehingga ia lepas atau longgar.

Jika suara berisik yang terdengar karena baut yang kendor, cara mengatasinya cukup mudah. Anda tinggal menguatkan baut yang kendor tersebut menggunakan kunci pas. Jangan lupa untuk memastikan baut baut yang lain juga dipasang dengan kuat.

2.Sabuk Belt

Berikutnya yang menimbullkan suara berisik ketika air conditioner dihidupkan adalah sabuk bel yang juga mulai longgor. Untuk menghilangkan suara berisik akibat sabuk belt ini adalah dengan mengencangkannya atau menggantinya dengan sabuk belt yang baru

3.Bearing kompresor kendor

Penyebab lain yang menimbulkan suara berisik saat mesin air conditioner saat dihidupkan adalah bearing kompresor yang kendor. Satu satunya solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggantinya dengan bearing kompresor yang baru

4.Dudukan penyangga air conditioner tidak rata

Terkadangan dudukan penyangga air conditioner tidak diletakan ditempat yang rata. Hal ini ternyata berakibat pada berisiknya air conditioner saat dihidupkan.

Untuk menghilangkan suara berisik yang diakibatkan oleh dudukan penyangga yang tidak rata, anda bisa memindahkannya ketempat yang lebih rata atau memberikan dudukan baru yang lebih rata sehingga suara berisiknya menjadi hilang.

5.Kurangnya suplai tekanan

Suara berisik yang disebabkan oleh kurangnya suplai tekanan sebenarnya sangat jarang terjadi, akan tetapi bukan tidak mungkin hal ini terjadi pada air conditioner anda. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada jalan lain selain menaikan suplai tekanan sehingga suara berisiknya menjadi hilang.

Sebenarnya selain diakibatkan oleh 5 (lima) faktor diatas, masih banyak penyebab air conditioner sedikit berisik. Terkadang suara berisik dari air conditioner juga merupakan bawaan asli dari alat tersebut sehingga sangat sulit untuk menghilangkannya kecuali mengganti dengan yang baru.

Diharapkan dengan mengetahui beberapa penyebab munculnya suara berisik ketika air conditioner dirumah anda dihidupkan anda bisa mengantisipasinya sejak awal. Bahkan kalau memungkin sejak anda berniat ingin membeli dan memasangnya dirumah anda.

Jika anda memasang air conditioner ini dirumah anda, tentu suara berisik ini akan sangat mengganggu, baik mengganggu anda yang sedang istirahat maupun mengganggu tetangga yang kebetulan dekat dengan outdoor air conditioner anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment