ac hitachi

Mengapa Ac Split Tak Bisa Dingin 1

Salah satu keluhan paling klasik dan banyak menjadi masalah untuk AC Split yang dipasang di rumah-rumah adalah suhu ruangan tak seperti yang diinginkan atau kuran dingin. Ternyata banyak sekali faktor yang menentukan kondisi ini, seperti misalnya komponen indoor atau outdoor yang kotor tertutup debu, terjadi kebocoran pada pipa freon berikut sambungan-sambungannya, serta kompresor yang juga bocor. Mari simak ulasannya satu demi satu.

Penyebab AC Split
Inilah  penyebab yang paling sering terjadi mengapa AC tak mencapai suhu yang dikehendaki.
1. Btu/h (British Thermal Unit per Hours)
Pastikan apakah btu/h AC lebih besar daripada btu ruangan? Misalnya ruangan dengan ukuran 4 m X 5 m dengan kebutuhan 10.000, maka harus digunakan AC ½ PK dengan Btu 12.000. Contoh lainnya adalah untuk ruangan dengan ukuran  3 m X 4 m dengan kebutuhan Btu 6000, berarti AC yang disarankan adalah denganAC ¾ PK btu 7000. Berikutnya adalah ruangan dengan ukuran 5 m X 5 m berkebutuhan 12.500, maka untuk membuat ruangan menjadi bersuhu 24 derajat atau kurang maka harus diaplikasikan AC 2 PK. Demikianlah cara menentukan PK AC sebelum memasangnya di ruangan yang Anda inginkan. Selain itu harus diperhitungkan pula jumlah orang yang berada pada ruangan tersebut.
2.  Ruangan di lantai 2 ke atas
Bila ruangan yang hendak dipasang AC Split berada di lantai 2 ke atas, tentu saja suhunya akan lebih tinggi daripada di lantai 1dikarenakan suhu dari atap akan terserap langsung pada ruangan tersebut.
3. Jendela menghadap ke timur atau barat
Bila dinding ruangan tersebut secara langsung terkena paparan sinar matahari sore atau siang,  tentu saja kamar akan lebih panas bila dibandingkan ruangan dengan jendela menghadap ke selatan atau utara karena ruangan tersebut tak terkena sinar matahari secara langsung.
4. Jumlah orang dalam ruangan
Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya jumlah orang dalam ruangan juga mempengaruhi suhu. Setiap 1 orang dewasa memerlukan 600 Btu agar merasa sejuk sementara anak-anak memerlukan 400 Btu karena semua manusia juga mengeluarkan suhu panas.  Selain itu Anda juga harus memperhitungkan perangkat elektronik seperti lampu, computer, atau televise, bahkan ponsel berikut chargernya.
5. Unit outdoor AC Split
Berikutnya adalah memastikan bahwa unit outdoor pada AC mempunyai breathing room atau ruang napas yang cukup. Walaupun unit outdoor ini tak terkena paparan matahari secara langsung atau diguyur hujan tetapi sangat penting untuk mengadakan ruangan sebagai napas. Harus ada jarak paling sedikit 60 cm ke depan dari kisi-kisi kipas outdoor AC Split. Selain itu unit outdoor  AC juga tak boleh diletakkan  saling berhadapan karena bisa menyebabkan kompresor cepat kepanasan akibat udara panas yang terjebak di sana. Bila terjadi terus-menerus kompresor akan sering mati karena kepanasan. AC pun tak bisa mengupayakan suhu sebagaimana yang dikehendaki.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa bila ruangan tersebut luasnya 3 m X 4 m maka diperlukan 6000 Btu tetapi bila ada 2 orang dewasa di sana maka kebutuhan Btu akan naik menjadi 7200. Dengan AC berkapasitas ¾ PK akan cukup sulit untuk menurunkan suhu ruangan mencapai 24 derajat. Hal ini belum ditambah keberadaan alat elektronik yang juga memancarkan panas. Jadi idealnya  digunakan AC 1 PK.

Dengan demikian apapun brand AC Split yang Anda pilih tetapi produk yang Anda pilih kurang memenuhi kapasitas ruangan tentu saja kinerja AC tak bisa maksimal terutama pada daerah-daerah dataran rendah yang suhunya bisa mencapai 37 hingga 38 derajat pada siang hari pada musim kemarau.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment