ac rusak

Mengapa Ac Split Tak Bisa Dingin 2

Di musim kemarau kebutuhan akan AC dapat dikatakan sangat vital baik untuk  rumah tangga, kantor, sekolah,  kampus, dan berbagai lokasi lainnya. Tetapi tak jarang terjadi gangguan yaitu AC Split tak mencapai suhu yang diinginkan atau bahkan menjadi terlalu dingin sehingga membuat tak nyaman. Apa kira-kira penyebabnya. Ulasan berikut ini mungkin bisa menambah wawasan Anda.

Penyebab AC Split tak bisa dingin
Inilah beberapa penyebab yang menjadikan suhu ruangan ber-AC tak sesuai dengan keinginan.
Kasus 1: Di siang hari AC kurang dingin tetapi di malam hari menjadi sangat dingin
Bila hal ini terjadi di rumah Anda kemungkinan besar karena Btu ruangan terlalu pas dengan Btu AC.  Jika di siang hari suhu di luar mencapai 37 atau 38 derajat, AC hanya mampu menurunkan suhu ruangan menjadi sekitar 25 derajat atau 26  derajat saja. Sementara di malam hari saat suhu luar semakin rendah maka suhu dalam ruangan punmenjadi semakin rendah sehingga Anda merasa kedinginan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut tentu saja harus menggunakan Btu AC yang lebih besar daripada kapasitas ruangan. Dengan demikian saat matahari bersinar terik di luar ruangan akan tetap sejuk.

Kasus 1: Suhu ruangan ber-AC baik pada siang atau malam hari kurang dingin
Bila hal ini terjadi pada AC Split milik Anda kemungkinannya adalah AC dalam kondisi kotor. Coba Anda ingat-ingat kapan perangkat elektronik tersebut dicuci atau disservice. Lalu cobalah cek apakah angin keluar hanya pada salah satu sisi AC saja atau angin AC kecil sekali. Bila memang demikian artinya unit outdoor AC dalam kondisi luar biasa kotor hingga terjadi kebocoran karena saluran pembuangan yang macet tertutup kotoran. Bila ingin usia AC panjang paling sedikit bersihkan AC paling sedikit 3 bulan sekali, sementara bila Anda tinggal di lokasi yang dekat laut atau ada anggota keluarga yang perokok sebaiknya AC dibersihkan tiap 2 bulan sekali.

Dalam memilih penyedia jasa service AC juga harus berhati-hati karena beberapa oknum sering mencari keuntungan pribadi dengan meminta isi ulang freon. Faktanya bila sejak pertama pemasangan AC telah dilakukan dengan benar, pengisian ulang freon hanya diperlukan paling kurang setelah pemakaian normal selama 3 hingga 4 tahun. Bila setelah 2 atau 3 bulan freon habis, artinya AC mengalami kebocoran. Untuk mengisi freon paling tidak pemilik AC harus membayar hingga 600 ribu rupiah di luar ongkos service dan cuci AC. Inilah sebabnya Anda harus cukup berhati-hati. Penyebab lain AC Split tidak dingin adalah terjadi kebocoran pada evaporator atau kerusakan kompresor outdoor, MCB AC yang rusak, kebocoran pada pipa freon, dan lain-lain.

Bila jangka waktu penggunaan AC sudah mencapai 2 tahun, berarti sudah saatnya AC Anda di-service besar.  Artinya unit AC indoor dilepaskan dari tempatnya kemudian  dibersihkan dengan cairan khusus seperti Asse Flash atau AC Coil  sehingga pendingin udara Anda kembali seperti baru. Tentu saja bila kondisi body AC sudah menguning karena usia, mustahil membersihkannya menjadi putih seperti baru. Meskipun demikian komponen evaporator Indoor masih bisa kembali ke warna semula saat Anda baru membelinya. Untuk proses pengerjaan service besar ini sekitar 3 atau  4 jam untuk setiap 1 unit AC karena petugas service AC harus melepaskan perangkat dari dinding dan melepaskan bagian-bagiannya.

Nah, semoga informasi tentang AC Split ini berguna bagi Anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment