Mengenal Jenis Jenis Kompor

Ada banyak kegiatan yang anda lakukan setiap harinya, dari mulai bangun hingga tidur lagi. Kebutuhan memasak menjadi hal yang penting di dalam kehidupan sehari-hari. Memasak harus difasilitasi dengan alat yang bagus seperti kompor. Memiliki alat memasak yang canggih menjadi impian bagi banyak orang. Banyak yang menggunakan alat masak jenis terbaru untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Karena perkembangan alat masak terus meningkat dari waktu ke waktunya, anda bebasa memilih mana yang ingin digunakan.

Kegunaan alat masak akan dirasakan terus menerus, bukan dalam waktu singkat saja. Sehingga kualitas yang terdapat dalam alat masak tersebut harus bagus dan terjaga. Kompor yang bagus akan terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Apakah alat masak yang dimiliki sekarang sudah terbuat dari bahan yang kuat? Atau justru anda sedang mencari jenis baru yang bagus?

Variasi dari Kompor
Bingung mencari alat masak yang tepat untuk dipasangkan di dapur? Hal tersebut tidak mengherankan karena kompor yang ada saat ini memiliki banyak macam yang bisa dipilih. Dari mulai harga yang murah sampai harga yang mahal, dan juga ukurannya yang kecil hingga besar. Alat yang dibeli bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Untuk rumah kecil dengan penghuni rumah yang tidak terlalu banyak, anda bisa menggunakan jenis gas atau listrik sebagai bahan utamanya.

Kehadiran teknologi membuat banyak alat masak yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Beberapa variasi yang ada saat ini dijual dengan harga yang berbeda-beda. Pastikan anda memiliki waktu yang cukup untuk memilah dan memilih mana yang cocok untuk dipasangkan di dapur, berikut ini merupakan daftar kompor yang paling banyak dibeli oleh konsumen;
1.    Kompor Gas
Selain karena harganya yang terjangkau, jenis ini memiliki cara pengoperasian yang tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakannya hanya dengan memasangkan saluran pipa ke dalam gas, dan menekan tombol yang ada di dalam alat masak tersebut. Jika anda sudah terbiasa menggunakan alat jenis ini, tentu anda bisa memilih berat gas yang akan digunakan. Bisa menggunakan bahan bakar gas yang kecil, sedang, ataupun besar.
2.    Kompor Minyak
Jenis selanjutnya adalah yang menggunakan bahan minyak. Dulu banyak yang memakai alat masak dengan minyak, sekarang penggunanya sudah beralih ke bahan bakar lain yang lebih murah dan lebih efisien. Cara kerjanya juga tergolong sulit, karena anda harus mengatur sumbu yang satu dan lainnya agar bekerja dengan baik dan bisa menghasilkan api. Alat masak ini cenderung mengeluarkan asap hitam yang bau dan menempel di dinding dapur. Pastikan anda tidak memilih alat masak jenis ini untuk disimpan di dapur.
3.    Kompor Listrik
Selanjutnya, anda pasti mengenal listrik sebagai bahan bakar utama untuk memasak. Ini bisa dilihat dari jenis alat masak yang kecil namun efisien. Anda bisa membeli nya dengan harga yang cukup mahal, namun kualitas yang diberikan sangat terjamin.
4.    Kompor Induksi
Jenis terakhir yang sering digunakan adalah menggunakan cara kerja induksi. Tidak semua orang bisa menggunakan jenis ini, karena cara nya cukup rumit, dan tidak berbeda dengan cara kerja listrik sebagai bahan utama memasak.

Referensi diatas bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk memilih mana jenis kompor yang akan digunakan. Pastikan anda memiliki jenis yang sesuai dengan kebutuhan, tanpa harus membeli dengan harga mahal.Persiapkan langkah yang tepat untuk merawat alat masak tersebut.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment