refrigrant

Mengenal Refrigeran di Dalam Komponen AC Split

Bagi konsumen, yang perlu mereka ketahui hanyalah merk sekaligus juga fungsi dari ac split tanpa perlu mengetahui komponen apa yang terdapat di dalamnya. Namun Anda juga perlu mengetahui beberapa komponen penting yang membuat ac ini bisa beroperasi maupun bekerja dengan baik. Salah satunya adalah zat pendingin yang disebut dengan refrigeran. Ini yang Anda rasakan secara langsung dari ac setelah diproses.
Apa Itu Refigeran Dalam Ac Split?
Kebanyakan Anda hanya berpikir jika fungsi ac split adalah mendinginkan tanpa perlu mengetahui fungsi lainnya maupun juga komponen. Selama mereka merawat ac dengan baik, maka ac bisa digunakan dengan maksimal. Akan tetapi, tahukah Anda tentang angin dingin yang selalu Anda rasakan begitu ac dinyalakan? Angin ini memang langsung terasa dingin namun di dalam ac, terdapat proses yang sangat panjang untuk bisa mengolah angin atau zat pendingin ini sehingga Anda mendapatkan yang terbaik. Zat pendingin yang terdapat di dalam ac ini disebut dengan refrigeran. Meskipun yang Anda rasakan adalah angin, namun refrigeran ini dapat berwujud gas maupun cair.
Refrigeran merupakan sebuah zat yang terdapat di dalam ac dan bisa diubah dengan mudah wujudnya menjadi cair maupun gas atau juga dari gas menjadi cair dan sebaliknya. Intinya di dalam ac, zat ini akan mengalami beberapa kali perubahan bentuk. Dalam sistem kerja ac split, refrigeran ini memiliki fungsi untuk menyerap panas yang terdapat di sebuah ruangan dengan ac dan mengubahnya menjadi lebih dingin dan sejuk. Refrigeran ini nantinya akan bersirkulasi terus menerus dan melewati beberapa komponen utama ac yang terdiri dari evaporator, pipa kapiler, kondensor dan juga bagian utama dari ac yaitu kompresor. Namun jumlah dari zat refrigeran ini bisa saja berbeda.
Jika terdapat sebuah kebocoran yang terjadi di dalam sistem ac, maka jumlah refrigeran yang bersirkulasi di dalamnya tentu berkurang dari sejak alat menyerap pertama kalinya. Selama tidak ada kebocoran sistem apapun, maka jumlahnya tidak akan pernah berkurang. Setiap ac memiliki jenis refrigeran yang berbeda namun untuk ac split, refrigeran yang sering digunakan adalah refrigeran dengan tipe 22 atau yang lebih dikenal dengan istilah R-22. Akan tetapi, seiring dengan waktu yang terus berjalan, teknologi yang semakin canggih dan juga modern dimana banyak ac baru bermunculan, maka yang tipe refrigerannya pun berubah. Ada yang menggunakan R-410a dan R-32.
Namun jumlah ac yang menggunakan kedua refrigeran ini masih sangat jarang untuk ditemukan sebab kedua refrigeran ini diciptakan dengan maksud menggantikan tipe yang lama karena dinilai penggunaannya lebih efisien sekaligus juga ramah terhadap lingkungan dan pembuangannya pun tidak mencemari lingkungan. Selain itu, ketiga tipe refrigeran ini sebenarnya tidak kompatibel satu dengan yang lainnya sehingga ketiganya tidak boleh dicampurkan atau bahkan ac tersebut diganti jenis refrigerannya sebab dikhawatirkan jika hal ini akan membuat sistem di dalamnya mengalami kerusakan. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan refrigeran dengan dua tipe baru itu, ada caranya.
Satu-satunya cara adalah dengan membeli ac baru dan mengganti ac split lama Anda dengan tipe yang lebih kompatibel dengan refrigeran itu atau membeli ac yang memiliki refirgeran yang lama namun desain dan teknologinya cukup mendukung jika Anda ingin mengganti refrigeran jenis yang terbaru. Tetapi, meskipun ac Anda tetap memiliki refrigeran yang lama tidak akan menjadi masalah selama Anda rajin untuk merawatnya dengan baik serta rutin agar angin yang dikeluarkan ac tetap dingin dan tahan lama.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment