sparepart ac

Mengenal Unit Indoor Dan Outdoor AC Split

Keberadaan AC di rumah tentunya memberikan manfaat yang besar bagi semua keluarga. Karena dari benda yang satu ini, suhu ruangan rumah bisa di ubah dengan seketika menjadi lebih rendah dan menjadi lebih dingin. Perubahan tersebut tentunya membutuhkan sambungan listrik yang baik dari aliran yang berada di rumah. Oleh karena itu perlu di ketahui tentang aliran listrik dari AC Split tersebut.

Aliran listrik yang berasal dari AC Split harus melalui beberapa tahapan ketika pemasangannya. Terdapat banyak komponen yang berhubungan dengan kelistrikan sehingga akan menyalurkan listrik dari rumah. Juga listrik dari rumah akan menyesuaikan dengan daya yang di keluarkan oleh AC tersebut. jadi harus di sesuaikan dengan besarnya daya dari AC dengan kapasitas listrik dari sambungan rumah.

Komponen aliran listrik dari AC Split
Ternyata ketika akan menyalakan sebuah AC Split, proses aliran listrik tidak terjadi dengan mudah. Ada beberapa komponen yang memiliki peran penting dalam mengalirkan tekanan listrik sehingga terjadinya perubahan udara yang cepat. Dan ini pun mengharuskan para penggunanya untuk mengetahui apa saja komponen yang berpengaruh. Sehingga jika terjadi kemacetan atau udara dingin tidak terasa bisa langsung melakukan pengecekan dengan benar.
Aliran listrik indoor unit
•    Fuse
Komponen yang satu ini sangat berfungsi untuk memberikan pengamanan. Cara kerjanya yaitu ketika terjadi kerusakan pada rangkaian kelistrikan dari AC Split maka fuse tersebut akan terputus. Ini sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya kebakaran.
•    Motor blower
Komponen berikutnya di gunakan untuk menyesuaikan besarnya termeparatur sesuai dengan keinginan. Sehingga ketika suhu ruangan sudah sesuai dengan keinginan dengan menggunakan remote control maka komponen tersebut akan berhenti bekerja.
•    Motor stepping
Setelah melalui motor blower, barulah motor slepping akan mengerjakan fungsinya. Dimana komponen ini akan mengarahkan udara dari blower. Pengaturan dari arah angin tersebut di atur dengan menggunakan remote control
•    Capasitor
Selanjutnya komponen berikut ini di gunakan sebagai penggerak motor blower saat terjadi running.
•    Sensor temperature
Untuk mengetahui keadaan atau ukuran temperature, maka komponen ini akan menjalankan fungsinya. Dimana komponen thermistor akan membaca temperature dan kemudian di proses oleh modul control elektronik.
•    Modul control elektronik
Komponen indoor yang paling penting yaitu berada pada urutan terakhir ini. modul control elektronik akan mengatur kerja pada keseluruhan unit dari AC Split. di dalam komponen ini etrdapat paduan dari komponen yang lainnya,

Aliran listrik outdoor unit
•    Kapasitor
Aliran listrik lenajutnya akan di simpan pada kapasitor. Komponen yang satu ini merupakan penyimpanan sementara sebuah aliran listrik. Dan secara tiba-tiba, kapasitor bisa melepasakan aliran tersebut dengan sangat cepat.
•    Motor fan condenser
Komponen outdoor selanjutnya yaitu motor fan condenser. Komponen tersebut di gunakan untuk menggerakan fan kondensor. Agar putaran bisa semaksimal mungkin, maka di butuhkan start kapasitor yang akan menggerakan motor fan tersebut untuk yang pertama kalinya sedang sangat maksimal.
•    Overload Protector
Komponen yang bertugas sebagai alat mengaman pada outdoor unit yaitu overload protector. Dimana tugasnya sebagai pengaman motor listrik kompresor. Kerja dari protector ini yaitu menggunakan sensor panas yang terbuat dari bahan campuran logam.

Dengan mengetahui beberapa komponen aliran listrik dari AC Split, maka bisa sebagai tindakan pengamana bila terjadi beberapa masalah saat penggunananya. Dengan begitu dapat di ketahui apa yang perlu di perbaiki dengan segera.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment