cara menggunakan kompor gas

Menggunakan Kompor dengan Baik

Ketika anda memasak tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak sembarangan alat bisa digunakan untuk memasak. Alat masak harus dipilih dan dirawat dengan baik. Kompor yang dimiliki saat ini apakah sudah dirawat dengan baik? Untuk kemudahan anda menggunakan alat alat memasak, maka perawatan yang dilakukan harus teratur. Anda tidak boleh menggunakannya sembarangan. Ada baiknya alat memasak yang anda gunakan memiliki bahan yang tahan lama.

Kualitas bahan kompor akan terlihat dari seberapa lama alat tersebut bertahan. Jika alat masak hanya bertahan sebentar dan terus memiliki gangguan ketika digunakan, anda harus membelinya yang baru. Ketika anda memasak dan tidak puas dengan hasil yang dimiliki, coba gunakan alat yang baru. Atau lihat, apakah perawatan yang anda berikan sudah benar atau masih banyak yang harus diperbaiki.

Mempebaiki Kompor di Rumah
Ada kalanya anda tidak bisa menggunakan kompor karena berbagai macam hal. Masalah yang terjadi kebanyakan karena bunga api yang tidak muncul ketika dinyalakan. Hal ini bisa menganggu kegiatan memasak dan menimbulkan kerusakan yang mendalam jika dibiarkan begitu saja. Tidak usah memanggil tukang untuk membetulkan alat masak di rumah. Dengan langkah yang mudah, anda bisa membenarkannya dalam waktu singkat. Tidak usah repot repot mencari tukang untuk memperbaiki, gunakan kemampuan anda untuk memperbaikinya.

Terjadinya kerusakan pada bagian bagian kompor memiliki penyebab yang berbeda-beda. Jika anda bisa memperbaiki kerusakan tersebut sendiri, alat masak yang dimiliki pasti bisa digunakan dengan nyaman. Saatnya anda mengenal lebih dalam bagaimana langkah yang tepat yang harus dilakukan untuk memperbaiki setiap keruskan. Kerusakan yang terjadi bisa diatasi dengan menggunakan langkah yang mudah. Jangan sia-siakan kesempatan yang anda miliki untuk memperbaiki bagian yang rusak, hanya dengan menggunakan alat alat sederhana. Inilah beberapa langkah mudah untuk dilakukan;
1.    Jika yang rusak merupakan badan kompor, lihat apakah posisinya sudah sejajar dengan tungku atau belum. Apabila posisi sudah sejajar namun tetap tidak nyaman digunakan, saatnya anda menggantinya. Harganya berbeda sesuai dengan besar dari badan tersebut, dan sesuai dari bahan yang ingin dipilih.
2.    Jika yang mengalami masalah adalah tungku, perhatikan apakah cincin nya sudah bersih atau masih memiliki kotoran. Kebanyakan masalah terjadi karena cincinnya sudah sangat kotor. Masalah lainnya bisa muncul karena burner nya yang tidak berfungsi dengan baik. Ganti burner secara berkala, agar percikan api bisa terus keluar dengan baik.
3.    Masalah selanjutnya bisa disebabkan karena knop kompor tidak berfungsi karena kotoran yang mengendap. Untuk mencegah hal tersebut, rajin rajin lah mengecek tombol knop. Jika ingin dibersihkan, gunakan jarum atau kawat.
4.    Regulator menjadi bagian lain yang sering dihinggapi masalah. Karena letaknya yang rawan terkena debu membuatnya sering macet. Ini akan berkaitan dengan kondisi LPG yang digunakan, apakah sudah benar atau belum.
5.    Pemasangan tabung LPG yang keliru. Terkadang pemasangannya tidak sesuai dengan selang atau regulator sehingga kompor tidak berfungsi semestinya.
6.    Tempat Dudukan Masak yang tidak terpasang dengan baik. Biasanya ukurannya terlalu besar atau kecil, sehingga wajan tidak bisa ditempatkan.

Jangan panik ketika mendati kompor tidak bisa menyala. Coba periksa bagiannya satu persatu. Pasti kerusakan yang timbul disebabkan ada bagian yang tidak terpasang di jalurnya. Alat memasak memiliki resiko kerusakan yang cukup tinggi karena digunakan setiap hari dan jarang dibersihkan. Dengan perawatan yang rajin, anda bisa memiliki kualitas yang terjaga.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment