karat-mesin-cuci

Menghilangkan karat pada mesin cuci

Dalam kehidupan sehari-hari kita mencuci bisa dikatakan merupakan hal yang menjadi keharusan karena kebutuhan mengenakan pakaian yang bersih dan higienis. Tetapi mencuci pakaian secara manual tentu akan sangat menyita waktu dan tenaga sehingga banyak orang lebih memilih untuk membeli perangkat mesin cuci untuk melengkapi rumahnya. Mesin pencuci pakaian adalah produk teknologi yang dirancang sedemikian rupa sehingga aktifitas ini dapat dilakukan lebih cepat, bersih, dan nyaman, hemat waktu, sekaligus menghemat tenaga. Sayangnya tanpa perawatan yang tepat usia mesin pencuci ini menjadi pendek seperti misalnya karena karat. Inilah penyebab umum terjadinya kerusakan pada mesin Anda. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena pada artikel ini akan diulas cara tepat untuk menghilangkan karat pada mesin pencuci.

Menghilangkan karat pada mesin cuci
Sebelum mengulas lebih jauh cara menghilangkan karat pada mesin cuci, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya karat pada mesin. Sebagaimana yang Anda ketahui perangkat elektronik ini tersusun dari sejumlah komponen dengan banyak unsur logam dan besi. Kedua bahan tersebut sangat rentan terkena karat dan korosi bila terkena air apalagi yang bercampur dengan deterjen. Karat bisa saja terjadi pada bagian-bagian yang tak terjangkau atau pun terlihat. Bila terjadi terus-menerus sedikit demi sedikit bagian-bagian tersebut akan rusak dan mengurangi kinerja mesin atau lebih buruk lagi membuat mesin macet total. Nah, inilah tips untuk menghindari hal tersebut.
1. Lemon
Anda bisa menggunakan bahan yang cukup murah dan gampang ditemukan yaitu lemon untuk menghilangkan karat pada mesin pencuci. Caranya, sediakan air perasan jeruk lemon sebanyak 2 gelas kemudian larutan tersebut dituangkan ke dalam mesin. Tekan panel untuk sekali putaran dengan suhu air tertinggi. Cara yang cukup praktis ini bisa mengikis karat pada sejumlah komponen mesin. Bila karat tersebut menempel pada komponen yang terbuat dari besi, maka gosoklah bagian yang berkarat menggunakan amplas hingga halus dan merata. Berikutnya gosokkan potongan buah lemon pada bagian tersebut hingga karat hilang.
2. Cairan kimia pembersih karat
Tips menghilangkan karat pada mesin cuci yang kedua adalah menggunakan bahan kimia pembersih karat yang bisa Anda beli di toko-toko bahan kimia atau toko material bangunan. Caranya sama seperti yang pertama, yaitu ampelas bagian yang terdapat karat kemudian olesi bagian tersebut dengan cairan pembersih. Harap berhati-hati saat menggunakan bahan kimia ini karena sifatnya yang keras dan bisa membuat kulit teriritasi.

Untuk mengantisipasi terjadinya karat pada mesin cuci sebaiknya pilihlah produk yang berkualitas dan menggunakan bahan-bahan anti karat pada komponennya. Jangan khawatir Anda akan memboroskan banyak uang karena membeli mesin yang bermutu bisa menjadi investasi Anda. Keputusan ini juga akan menghemat uang Anda lebih banyak karena tak perlu menggunakan jasa reparasi alat elektronik atas kerusakan mesin yang kerap terjadi pada produk mesin pencuci yang kurang baik.

Perawatan harian yang baik terutama setelah selesai digunakan juga bisa membantu menjaga perangkat elektronik ini tetap awet dalam waktu lama. Setelah digunakan jangan lupa mengelap seluruh bagian mesin mulai dari pintu, panel mesin, tabung, serta seluruh badan mesin dengan lap yang lembut dan menyerap air. Untuk mengantisipasi tumbuhnya jamur sebaiknya bukalah pintu mesin di saat tidak digunakan agar sirkulasi udara tetap bagus.

Cara menghilangkan karat serta perawatan umum mesin cuci di atas semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment