Merawat AC Agar Tahan Lama dan Tidak Boros

merawat ac agar tahan lama dan tidak boros

merawat ac agar tahan lama dan tidak boros

Pilihan Merek
Untuk merawat AC, Anda perlu memperhatikan dan merencanakan segalanya dari awal. Mulai dari pembelian AC, mereknya, dan ruangan yang akan ditempati. Pertama-tama, pastikan ruangan yang akan dipasangi AC bisa ditutup rapat sehingga udara dingin tidak keluar. Hal ini dilakukan agar udara dingin yang diproduksi AC tidak berlebihan dan menyebar keluar ruangan yang menyebabkan AC harus memperluas cakupannya dalam mendinginkan ruangan hingga ke luar ruangan. Ini merupakan salah satu trik untuk menjaga AC tetap awet dinginnya dalam waktu yang cukup lama.
Kembali dulu ke awal. Cara agar AC tahan lama yang pertama adalah dengan memilih baik-baik merek dari AC yang akan dibeli. Orang seringnya bilang bahwa merek Daikin atau Panasonic merupakan merek teratas kalau cari merek yang bagus. Hal ini dinilai dari kualitasnya. Meski harganya sedikit lebih mahal, kelebihan AC dengan merek ini dibuktikan oleh testimoni para penggunanya yang menyatakan kepuasan. Kelebihan yang ditawarkan dan banyak dicari adalah masa pakainya yang panjang, awet, dinginnya tahan lama, dan yang pasti hemat listrik.
Gunakan Ketika Perlu
Meski Anda tahu dan sudah membeli AC yang hemat listrik, jika penggunaannya berlebihan pun listrik AC bisa melonjak tinggi. Hal ini dikarenakan watt yang diperlukan AC untuk menyala dan tetap menyala sangat tinggi. Jadi, sebaiknya Anda matikan AC ketika tidak sedang diperlukan. Harga listrik yang dibayar pun perubahannya bisa sangat terasa dan sangat signifikan.
Namun masih ada satu hal yang perlu diperhatikan lagi masalah penggunaan AC di saat yang perlu, yaitu waktu menyalakan AC. Apa maksudnya? AC membutuhkan tenaga yang besar ketika pertama kali dinyalakan. Karena itu, pastikan bahwa jika Anda menyalakan AC memang karena benar-benar perlu dan jangan dijadikan mainan. Mainan di sini berarti menyala-matikan AC dengan seenaknya. Padahal waktu menyalakannya saja butuh tenaga yang besar, bagaimana jika sering dinyala-matikan? Jelas penggunaan listriknya bisa lebih besar dari ketika Anda menggunakan AC semalam tanpa dinyala-matikan.
Isi Ulang Freon
Hal selanjutnya adalah isi ulang Freon. Freon merupakan pendingin dari unit AC tersebut. Jadi, ketika AC sudah terasa tidak dingin lagi, segeralah servis AC tersebut dan ganti freonnya. Kenapa Freon bisa habis? Selain penggunaan AC yang tidak bijak, luas ruangan yang tidak sesuai dengan tipe AC pun akan jadi masalah serius. AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan yang lebih luas dari yang bisa dikerjakannya. Akhirnya, AC akan lebih cepat rusak dan cepat hilang dinginnya, minta diservis terus menerus dalam waktu yang relative singkat. Jadi, isi ulang Freon itu boleh banget, asalkan memang sesuai dengan waktunya. Biasanya penggantian isi Freon dilakukan dalam selang waktu 4-5 bulan sekali sekaligus dengan servisnya. Akan tetapi, jika Anda butuh menservis AC dalam waktu setengahnya dari itu. Namun, ketika AC sudah tidak dingin lagi, pastikan Anda memanggil servis AC dan melakukan penggantian Freon.
Perawatan Berkala
Hal terakhir yang perlu dilakukan agar AC tahan lama tentu saja dengan melakukan perawatan berkala. Orang jarang sekali yang melakukan perawatan berkala. Biasanya perawatan dilakukan sekaligus ketika servis AC diperlukan. Untuk AC yang digunakan sendiri saja seperti ini, karena itu perawatan pada gedung-gedung kantor, sekolah, dan universitas pun jangan diharap bisa memenuhi harapan. Perawatan ini termasuk di dalamnya adalah servis AC dan penjagaan kebersihan. Baiknya Anda untuk juga merawatnya sendiri dengan membersihkan bagian luar AC yang bisa dilihat. Sisanya bisa Anda berikan pada tukang servis AC yang memang mengerti di bidangnya.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment