brosur showcase gea

Merawat Kulkas Showcase Sedini Mungkin

Lemari pendingin memang mempunyai jenis-jenisnya tersendiri yaitu lemari es biasa atau yang sering disebut fridge, freezer, dan yang terakhir adalah showcase. Pada umumnya orang membeli jenis lemari es yang ketiga tersebut untuk kepentingan bisnis karena memang pintunya yang transparan memungkinkan orang untuk mengetahui isi dalam kulkas tanpa perlu membukanya. Fungsi lemari es tembus pandang ini adalah untuk menjual minuman kemasan dan sering diletakkan di café, restoran, mall, atau tempat-tempat lain yang merupakan pusat keramaian.

Agar kulkas showcase tetap awet
Sebagai sarana dalam bisnis sangat penting untuk menjaga keawetan lemari es ini agar biaya perawatannya juga tak membengkak sehingga Anda bisa mendapatkan profit yang lebih besar. inilah beberapa cara menjaga keawetan kulkas showcase sedini mungkin.
1. Tidak boleh langsung dinyalakan
Saat pertama kali dikirim, jangan langsung menyalakan lemari es tersebut. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa pada saat pengiriman lemari pendingin banyak bergoyang-goyang dalam perjalanan atau diangkut dalam posisi tidur. Hal ini bisa memicu kebocoran oli pada kompressor dan bila kulkas segera dinyalakan sebelum posisi oli kembali awal, kemungkinkan rusak karena penyumbatan berpotensi terjadi.

Untuk itu kulkas harus didiamkan dulu selama kira-kira 6 hingga 24 jam sebelum dinyalakan. Agar lebih aman, sebaiknya bacalah buku manual kulkas yang Anda beli karena ada pula jenis kulkas yang hanya perlu didiamkan selama setengah hingga satu jam saja. Bila Anda mengetahui secara pasti bahwa saat dikirimkan posisi kulkas tidur maka diamkan kulkas dengan durasi waktu ditambah 24 jam lagi. Harus diingat bahwa produsen tak akan melakukan penggantian karena kerusakan saat proses pengiriman seperti ini.

2. Membersihkan kulkas
Idealnya kulkas sebaiknya dibersihkan tiga bulan sekali kecuali pada lemari pendingin showcase Anda ada tumpahan minuman atau makanan. Kotoran tersebut harus segera dibersihkan agar tak menimbulkan bakteri. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kulkas berbau tak sedap dan berdampak pada aroma produk-produk minuman yang Anda simpan dalam lemari pendingin tersebut.

3. Tak meletakkan minuman atau makanan panas dalam lemari es
Cara paling sederhana untuk menjaga keawetan kulkas Anda adalah tak memasukkan hidangan atau minuman panas atau hangat ke dalam lemari es. Bila terjadi kondisi demikian, kompressor akan bekerja keras untuk mengembalikan suhu udara dalam lemari pendingin. Selain membuat kulkas cepat rusak, tagihan listrik Anda juga akan meningkat.

Selain tips yang telah diulas di atas untuk menjaga keawetan kulkas showcase yang paling penting bagi Anda adalah membaca dengan teliti buku manual atau petunjuk penggunaan kulkas yang Anda beli tersebut. Pada buku tersebut akan tercantum berapa seharusnya temperatur udara yang harus diterapkan pada kulkas Anda sebagaimana yang direkomendasikan pabrik pembuatnya. Setiap jenis lemari es mempunyai aturan yang berbeda-beda tentang hal ini. Tindakan ini akan membuat lemari es lebih awet.

Saat Anda tak akan menggunakan lemari es dalam waktu yang cukup lama sebaiknya cabut listriknya. Tindakan ini akan menghindarkan terjadinya pemanasan dalam ruangan serta menghindarkan terbentuknya  bunga es yang banyak. Tetapi sebelum mencabut listrik kulkas pastikan bahwa di dalamnya Anda tak meninggalkan produk minuman atau makanan yang mudah membusuk.
Terakhir, simpanlah kartu garansi sebagai tindakan antisipasi bila alat elektronik milik Anda tersebut mengalami kerusakan sehingga Anda tinggal mengirimkan kartu garansi tersebut kepada pabrik pembuatnya untuk mendapatkan ganti rugi.

Nah, semoga panduan perawatan kulkas showcase sejak awal ini dapat membantu Anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment