LED TV 3D LG LA613B

Pemakaian Mesin Cuci Dengan Benar Memperpanjang Usia

Biasanya seseorang akan lupa merawatnya jika sudah mendapatkan sesuatu. Termasuk kebutuhan akan mesin cuci jika sudah terpenuhi kadang perawatannya diabaikan. Berbagai faktor dan akibat yang ditimbulkan jika kita tidak melakukan pemakaian mesin cuci dengan benar. Mesin cepat rusak sehingga waktu pemanfaatnnya sedikit sehingga jika rusak harus dibeli baru kembali. Untuk itu perlu perhatian khusus dalam hal perawatannya.

Hal-hal yang diperhatikan dalam pemakaian mesin cuci dengan benar
Dalam menggunakan mesin cuci ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperpanjang usianya dan tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli yang baru jika rusak. Dalam pemakaian mesin cuci, hendaknya dilakukan pengecekan sebulan sekali. Ada beberapa tempat yang perlu diperhatikan yakni filter pada pompa, tabung pencucian, gasket pintu,laci deterjen dan membiarkan pintu mesin terbuka. Kelima hal ini perlu perhatian khusus dan selalu dibersihkan minimal satu bulan sekali. Dalam membersihkan filter pada pompa, kabel power harus dicabut terlebih dahulu kemudian air dikeluarkan secara manual dan bersihkan filter airnya dengan air hangat supaya kotoran yang menempel bisa hilang.

Perhatian lainnya dalam pemakaian mesin cuci adalah membersihkan tabung setiap bulan untuk menhindari penumpukan deterjen yang bisa menyebabkan jamur dan bau. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan cairan pembersih tabung pada laci ditergen kemudian tekan tombol “tub clean”, jika tidak punya fitur “ tub clean “ cukup diatur ke posisi wash.Jika hal ini tidak dilakukan akan berdampak pada kebersihan kain yang tidak maksimal. Otomatis sisa-sisa deterjen yang mengeras di dinding tabung lama-lama akan lepas dan bercampur dengan kain cucian pada saat proses pencucian sedang berlangsung. Hal ini mengakibatkan pakaian jadi kotor kembali.

Selanjutnya membersihkan gasket pintu untuk mencegah penumpukan kotoran pada karet. Dalam pemakaian pada bagian pintu ini, gunakan cairan pembersih sebanyak ¾ dalam 1 liter air. Kemudian gosok dengan spons sampai bagian yang menempel kotoran tersebut bisa terangkat. Kemudian keringkan dengan kain lap. Dan biarkan pintu terbuka supaya karet gasket benar-benar kering.
Pemakaian mesin cuci dalam jangka waktu yang lama menyebabkan laci ditergen kotor dan berjamur. Untuk mengatasinya bersihkan kotak minimal seminggu sekali dengan cara mengeluarkan laci deterjen. Kemudian bersihkan setiap bagiannya dengan air hangat. Jika kotorannya membandel, rendamlah dengan air hangat minmat 10 menit agar semua sisa-sisa deterjen yang menempel bisa hilang. Setelah bersih pasang kembali bagian tersebut pada mesin cuci.

Hal lain yang penting dalam pemakaian mesin cuci adalah membiarkan pintu mesin cuci terbuka beberapa saat. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan unit-unit yang basah pada saat mesin cuci digunakan. Manfaat lainnya udara segar bisa masuk ke dalam tabung dan tabung tidak akan mengeluarkan udara yang bau lagi.

Jika semua hal diatas diperhatikan, mesin cuci bisa lebih awet dan tahan lama. Tentu saja, biaya yang digunakan juga lebih ekonomis karena tidak perlu beli yang baru apabila rusak atau tiap sebentar membawanya ke tempat reparasi. Untuk itu, rawatlah mesin cuci seperti merawat diri sendiri. Dengan sedikit kehati-hatian dalam pemakaian mesin cuci serta pengecekan yang teratur, maka mesin cuci menjadi lebih awet serta meningkatkan daya kerja dari mesin cuci tersebut. Lebih baik bersusah-susah sedikit dalam pemakaian dan perawatan sehari-hari daripada tiba-tib mendapati mesin cuci rusak atau tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment