Pengaruh dollar AS terhadap harga ac dan tips menghadapi kenaikan harga

pengaruh usd terhadap kenaikan harga elektronik

Pengaruh dollar AS terhadap harga ac dan tips menghadapi kenaikan harga

Pada bahasan kali ini penulis ingin sedikit berbagi mengenai berbagai factor yang mempengaruhi harga ac. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya setelah saya berkecimpung selama beberapa tahun di bidang penjualan barang elektronik secara umum dan ac pada khususnya. Mungkin anda pernah atau sering mendengar istilah “kalau harga barang sudah naik, sangat sulit harga barang untuk turun”. Yah begitulah kurang lebih gambaran mengenai harga ac di Indonesia.
Menurut pengalaman penulis, Pergerakan harga ac ini dipengaruhi oleh banyak factor seperti kurs dollar amerika, harga bbm, harga komoditas (dalam hal ini harga seng, alumunium), pajak impor dll. Perlu anda ketahui sebagian besar barang elektronik khususnya ac di Indonesia merupakan barang impor dari Negara lain. Produk tersebut sebagian besar berasal dari cina, Thailand, eropa dan amerika. Cina dan Thailand memberikan kontribusi impor barang elektronik terbesar untuk produk ac. Sedangkan eropa dan turut memberikan kontribusi impor ac namun hanya kecil saja karena sangat jarang ac merk eropa dan amerika di Indonesia.
Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana dengan merk jepang dan korea seperti sharp, lg, Panasonic, Samsung, dan daikin?bukankah mereka berasal dari jepang dan korea? Jawabannya adalah ya! Tapi asal barang pabrikan tersebut tidak dari negeri asal mereka masing2. Produksi barang hampir seluruhnya berasal dari negeri tirai bambu alias cina dan Thailand. Mungkin alasannya karena biaya produksi yg lebih murah dari kedua Negara tersebut. Tapi bukannya barang elektronik atau ac juga ada yg diproduksi di Indonesia? Ya! Memang ada beberapa tipe produk tsb sudah diproduksi di Indonesia namun di Indonesia hanya perakitannya saja! Spare part ac nya tetap dari cina atau Thailand. Nah karena factor inilah makanya dollar as berpengaruh terhadap harga ac. Transaksi ekspor impor banyak dilakukan dengan mata uang negeri paman sam tersebut.
Sekarang ini kurs dollar amerika hampir menyentuh level 12 ribu rupiah, tepatnya sekitar 11700 an. Pergerakan dollar amerika dari 8500 ke level 12 ribu rupiah turut mengerek harga ac dan perangkat lainnya seperti pipa ac, bracket dll. Kenapa saya juga sebutkan soal pipa ac, bracket dan kabel. Karena barang tersebut juga diperlukan untuk instalasi ac sehingga merupakan satu kesatuan. Tidak mungkin bukan anda membeli ac tapi tidak dipasang alias hanya ditaruh begitu saja.hehe.. Kenaikan harga akibat dollar memang cukup signifikan, apalagi ditambah dengan beberapa item tambahan diatas.
Namun anda tidak perlu terlalu kuatir, biasanya kenaikan tersebut bias “diakali” oleh pabrik. Pabrik biasanya memberikan solusi berupa kenaikan bertahap. Misal, total kenaikan harga ada di level 20%, biasanya kenaikan tersebut dibagi dalam beberapa tahap. Tahap 1 naik 5%, kedua naik 10% dan terakhir 5% lagi. Tujuannya adalah agar konsumen tidak shock terhadap kenaikan harga tersebut. Penundaan pembelian produk ac yg dilakukan biasanya hanya akan membuat ac yg anda beli semakin mahal harganya. Apabila harga ac berada di level 3 juta rupiah, kenaikan 10% akan membuat harga di level 3,3 juta rupiah. Lumayan bukan?! Untuk menghadapi situasi tersebut, mintalah pihak toko untuk meng keep barang tersebut untuk anda (sebelum harga naik), namun biasanya pihak toko akan meminta sejumlah Dp untuk itu karena resiko yg harus dihadapi nya apabila anda membatalkan orderan tersebut. Namun perlu diingat bahwa pihak penjual biasanya tidak mau untuk meng “keep” barang tersebut terlalu lama karena terbatasnya space gudang penyimpanan dan kemungkinan terganggunya likuiditas keuangan toko tersebut (masalah kedua ini biasa bisa diatasi dengan pembayaran barang secara lunas pada pihak penjual).
Demikianlah artikel saya kali ini, semoga pembahasan artikel ini dapat memberikan masukan dan manfaat bagi anda semua. Nantikan artikel kami berikutnya mengenai pengaruh harga BBM Terhadap harga ac pada bahasan kami yg berikutnya. Cek informasi tentang air conditioner hanya di bursa-elektronik.com. Happy shopping ^^

 

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment