perawatan kulkas side by side

Perawatan Kulkas Side by Side

Untuk awal penggunaan ternyata kulkas side by side harus diperlakukan secara khusus. Supaya tidak berbahaya juga maka penempatan kulkas haruslah sesuai dan tidak dengan dengan percikan api atau hubungan arus listrik yang membahayakan. Sebelum pemasangan pun kulkas dan tempatnya haruslah dipastikan bersih dari berbagai kotoran terutama saat pengiriman kulkas. Lokasi penyimpanan pun harus bersih, jika ada roda kulkas maka bisa digunakan sehingga mudah untuk membersihkan bagian bawah kulkas dan untuk memudahkan kulkas dalam pemindahan tempat ke berbagai lokasi di rumah. Lalu selanjutnya bagaimana cara perawatan untuk kulkas supaya tetap beefungsi dengan baik?

Ini Dia Cara Melakukan Perawatan pada Kulkas Side by side
Dalam memperlakukan kulkas side by side sebaiknya tidak semena mena karena ada beberapa hal yang harus diistimewakan supaya kulkas bisa terjaga kualitasnya. Kulkas yang masih baru bisa dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan pasang perlengkapan lainnya yang masih terpisah seperti rak, kotak es dan lain sebagainya. Jangan menyimpan kulkas di tempat lembab atau pun di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Beri jarak juga sekitar 1 inchi dari dinding dan ukuran lainnya sehingga kulkas mempunyai ruang yang cukup ketika sedang terbuka nantinya pun memberikan sirkulasi yang baik untuk kulkas. Untuk hubungan listrik sebaiknya menggunakan stop kontak tunggal untuk mencegah aliran listrik lain.

Sebelum digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan, kulkas side by side sebaiknya diatur pada suhu posisi satu lalu dibiarkan beroperasi tanpa beban 2 hingga 3 jam sehingga suhu menjadi stabil  Selanjutnya ikuti aturan berikut dalam hal penyimpanan makanan.
·    Tidak menyimpan makanan yang mudah busuk pada bagian evaporator atau tempat untuk membuat es. Sebaiknya buah dan sayur mayur ditempatkan pada bagian laci di bagian bawah kulkas
·    Tidak memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas karena akan menyerap listrik lebih banyak dan membuat penggunaan listrik menjadi semakin besar
·    Pada bagian evaporator sebaiknya tidak menyimpan botol kaca yang berisi air karena akan mudah pecah ketika air membeku.
·    Makanan yang mempunyai aroma yang tajam sebaiknya tidak ditempatkan sembarangan melainkan dibungkus rapi atau ditempatkan dalam wadah yang tertutup sehingga isi kulkas side by side tidak tercemari aromanya.
·    Ketika sudah menyimpan banyak makanan maka perhatikan lamanya penyimpanan makanan tersebut. Buah dan sayuran biasanya akan segar 3 hingga 4 hari, untuk ikan segar bisa bertahan 1 hingga 2 hari. Daging yang sudah dipotong bisa disimpan selama 5 hari dan susu atau pun krim bisa disimpan hingga 1 minggu.

Apabila selama penggunaan terjadi kerusakan, misalnya kulkas menjadi tidak berfungsi maka yang pertama harus dilakukan adalah memeriksa sekeliling kulkas barangkali ada kabel yang longgar pada bagian saklarnya juga. Jika masih tidak berhasil maka bisa langsung menghubungi tukang service. Adapun untuk membersihkan kulkas maka bisa dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk mencegah bau. Lepas duli saklarnya dan keluarkan seluruh makanan dab lap tumpahan makanan karena akan mengotori kulkas. Jangan membersihkan menggunakan keset, sikat atau yang berpermukaan kasar.

Yang perlu diperhatikan ketika membersihkan kulkas, tidak diperlukan menyentuh permukaan yang membeku dengan kain yang basah juga sebaiknya menggunakan air hangay yang sudah dicampur dengan deterjen ketika akan membersihkan bagian luar dan juga bagian kulkas side by side gasket pintu magnetis. Lain halnya ketika merawat evaporator dimana benda tajam dilarak untuk digunakan pada bagian tersebut. baca kembali manual book untuk lebih jelasnya.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment