ac inverter

Perbedaan AC inverter dan AC Low Wattage

Anda pasti mengtetahui AC atau Air Conditioner yang saat ini sudah bisa ditemukan dimana saja. Apakah anda mengetahui AC inverter dan AC low Wattage ? banyak yang menganggap apabila kedua jenis AC tersebut merupakan jenis yang sama karena memiliki kesamaan hemat listrik. Namun, sebenarnya AC inverter dan AC low wattage ini merupakan jenis yang berbeda meskipun sama-sama memiliki keunggulan dalam hemat energi. Penciptaan AC Split inverter maupun AC Low wattage memang dikondisikan dengan tuntutan dunia saat ini yang menuntut adanya sistem teknologi hijau dikarenakan banyaknya polusi atau pencemaran yang dihasilkan oleh teknologi baik polusi udara yang dihasilkan dari gas buang, polusi suara maupun polusi terhadap lingkungan sekitarnya.

Mengapa Mememilih AC Inverter ?
Mungkin menjadi pertanyaan bagi anda mana diantara kedua jenis AC Split Inverter atau AC low wattage yang paling hemat listrik ? sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya anda tahu apa itu AC inverter. AC inverter merupakan jenis AC terbaru yang cara kerjanya mampu membuat compressor bekerja secara fluktuatif mengikuti beban ruangan. Misalnya anda menyetel AC inverter dengan suhu 16 derajat maka AC ini akan segera menyesuaikan suhu yang diinginkan pengguna.

Memang pada awal dinyalakan beban listrik yang digunakan cukup besar namun akan turun secara perlahan dan setelah mencapai suhu yang diinginkan beban listrik yang terserap akan tetap stabil atau bahkan jauh lebih rendah. Ketika di dalam ruangan tidak ada orang AC Inverter akan secara otomatis menurunkan daya listriknya karena sebenrnya AC sudah tidak diperlukan lagi. Pada AC inverter apabila ingin menaikan suhu atau menurunkan suhu, pemakaian listrik yang digunakan tidak akan langsung tinggi namun naik atau turun secara pelan –pelan hingga mencapai suhu yang diinginkan.

Keunggulan AC Low Wattage
Perbedaannya dengan AC Split jenis Low wattage adalah jika AC inverter akan menyesuaikan suhu pada kondisi ruangan (seperti berapa jumlah orang dalam ruangan) dan bersifat fluktuatif. AC low wattage justru akan menghasilkan suhu yang stabil tanpa fluktuasi karena tidak melihat kondisi ruangan. AC low wattage ini sebenarnya hampir sama dengan AC standart atau AC konvensional namun ada beberapa kompresor yang dikurangi sehingga hemat listrik. Keunggulan dari AC low wattage adalah mampu dipasang pada rumah yang memiliki tegangan listrik yang rendah. Jadi bagi anda yang tidak mau repot menmabah daya listrik anda untuk memsang AC, AC jenis Low Wattage sangat cocok menjadi pilihan.

Namun perlu diketahui lagi bahwa jika anda akan membeli AC Split yang paling hemat listrik atau energi dari dua jenis AC inverter dan AC low wattage, tentunya dalam hal ini AC inverter lebih hemat listrik karena cara kerjanya yang lebih canggih dan mampu melihat kondisi ruangan. Dibalik dari semua keunggulan yang ada sebenarnya kedua jenis AC ini baik AC inverter atau AC lo wattage juga memiliki kekurangan yaitu tidak cepat dingin karena kedua AC ini menyesuaikan suhu secara pelan- pelan dan tidak secepat AC konvensional.

Jika anda ingin lebih hemat listrik dalam penggunaan AC Split sebaiknya anda mematikan AC ketika di dalam ruangan tidak ada orang, namun apabila ruangan hanya ditinggal sebentar sebaiknya AC tetap dinyalakan karena terlalu sering menyalakan dan mematika justru akan memakan banyak listrik. Jangan lupa untuk selalu mencek AC anda secara rutin biasanya 3 bulan sekali jika ada kerusakan segera panggil professional untuk memperbaikinya.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment