oled tv

Perbedaan LED TV Dan OLED TV

Apakah anda ingin membeli televisi baru? Jika ya, jenis tv apa yang akan anda beli? Pertanyaan tersebut sering kali muncul, karena sekarang banyak sekali varian tv yang ditawarkan oleh produsen, seperti LED TV, oled atau lainnya. Banyak sekali konsumen yang datang ke toko elektronik saat ingin membeli, tapi masih bingung untuk menentukan pilihan. Apakah anda termasuk salah satu diantaranya? Sekarang tak perlu bimbang lagi membedakan antara keduanya, karena pada ulasan ini akan membahasnya. Layar-layar tersebut tentu memiliki keistimewaan masing-masing, sehingga anda dapat mencocokkannya dengan kebutuhan, keinginan dan keadaan tabungan.

LED TV VS OLED TV

Banyaknya varian terobosan baru yang disajikan oleh produsen ternyata tak hanya menguntungkan bagi konsumen tapi juga dapat membingunkan konsumen, terutama bagi orang awam yang tidak terlalu paham benar mengenai urusan seperti ini. Nah, untuk lebih detailnya, berikut adalah perbedaan antara
LED TV dan OLED, yaitu :

LED (Light Emitting Diode)

Keunggulannya adalah mampu menampilkan variasi warna yang banyak dan membuat tampilan menyerupai aslinya dan lebih hidup, sehingga cocok sekali untuk design grafis. Sumber cahaya yang dimilikinya tersebar dan jumlahnya banyak, sehingga membuat pencahayaannya lebih merata pada semua permukaan display. Cahaya putih dari LED TV akan menghasilkan warna yang cermerlang bila dibandingkan dengan fluorescent backlight. Tingkat kecerahan untuk TV LED lebih unggul daripada OLED, karena sangat terang. Sebenarnya OLED dapat terang tapi pikselnya untuk kecerahan maksimum dalam waktu lama, bisa mengurangi umur pixel.

Gambar yang dihasilkan pun tidak berubah/ tidak redup, dilihat dari berbagai sudut pandang. Kelebihan lain yang diberikan LED TV adalah lebih ramah lingkungan, karena dalam proses pembuatannya di pabrik tidak menggunakan merkuri, selain itu juga hemat listrik (irit 40 – 50% dari tv LCD). Desainnya yang tipis dan elegan menjadikan semakin keren untuk menghiasi kediaman anda.

OLED (Organic Light Emiting Dioda)

Keistimewaannya adalah tv ini tidak memerlukan lampu atar untuk menampilkan tayangan atau gambar, karena memiliki cahaya sendiri, membuat monitornya lebih tipis dan dapat dibuat elastis. Gambarnya pun tajam dan jernih. OLED tidak memerlukan backlight, pemanas atau pendingin, sehingga menjadi lebih irit energi. Bahan dasarnya mempunyai kapasitas untuk mendukung spektrum cahaya yang terlihat. Hal itu membuatnya dapat menghasilkan kecepatan dan kecerahan lebih tinggi.

Ukurannya lebih tipis dan ringan daripada LCD/ LED TV karena tidak memerlukan backlight. Kemampuan lainnya adalah dapat membuat gambar virtual menjadi terlihat realistis. Sudut pandangnya luas, sehingga gambar tampilan yang disuguhkan lebih nyaman untuk dinikmati tanpa adanya distorsi yang biasanya mengganggu keasyikan menonton. Tapi setiap produk pasti ada sisi negatifnya. Nah, kekurangan yang ada pada OLED adalah umurnya yang tidak bertahan lama atau memiliki umur yang lebih singkat dibandingkan LCD.

Pilih LED TV Atau OLED TV?

Penjelasan yang telah diuraikan diatas, semoga dapat dijadikan sebagai referensi, sehingga anda tidak bingung lagi dalam memilih. Fitur-fitur dan kecanggihan pada masing-masing tipe memang berbeda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment