worthed

Perhatikan Hal Berikut Agar Harga Ac Yang Anda Bayar Sepadan

Memilih alat-alat elektronik untuk melengkapi rumah di jaman sekarang ini memang bukan perkara mudah mengingat banyaknya brand serta jenis yang beredar di pasaran. Hal yang sama berlaku pula pada pendingin ruangan alias AC. Walaupun beberapa  orang memprioritaskan harga ac sebagai pertimbangan pertama, tetapi sebaiknya Anda memperhatikan pula hal-hal lainnya. Inilah ulasannya untuk Anda.

Kategori yang harus diperhatikan dalam memilih AC selain harga ac
Perhatikan beberapa hal berikut agar harga ac yang Anda bayarkan  sepadan dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.
1. Kapasitas – Jangan hanya terpaku pada brand atau tipe terbaru saat memilih AC, tetapi cermati juga BTUH yang menentukan kapasitas AC untuk menyerap panas dalam ruangan selama 1 jam. Prinsip dasar Ac memang bekerja dengan menyerap panas di ruangan dan bukannya mendinginkan ruangan sebagaimana yang selama ini banyak dipikirkan orang awam.

2. Menghitung daya kapasitas – Bila dalam ruangan kamar tidur terdapat AC 1 PK brand A kapasitasnya adalah 10.000 BTU/H serta konsumsi tenaga 1200 Watt, maka sesuai konversi unit satuan 1PK = 2.544 BTU/H = 746 Watt.

3. Jangan mudah tergiur dengan harga ac yang murah – Di berbagai toko elektronik Anda akan menemukan AC ½ PK brand tertentu yang power consumption –nya hanya 340 Watt, sementara di lain pihak ada AC ½ PK brand lain konsumsi dayanya mencapai 800 Watt. Bila brand pertama harganya  2.4 juta rupiah, sementara brand kedua harganya 2 juta rupiah dan kapasitas keduanya 5000 BTU/H. kira-kira merk yang mana yang akan menjadi pilihan Anda? Bila memilih merk yang kedua tampaknya Anda memang akan menghemat sebanyak 400 ribu, tetapi tunggu dulu, karena faktanya Anda harus membayar tagihan listrik yang lebih mahal karena dibutuhkan daya yang lebih besar pada brand kedua. Dengan demikian pengeluaran bulanan Anda justru akan semakin boros. Jadi cobalah mempertimbangkannya baik-baik.

4. Pemasangan AC – Agar suhu udara dalam ruangan bisa mencapai temperature yang dikehendaki pemasangan AC juga harus menjadi perhatian. Faktor-faktor dalam ruangan yang berpengaruh adalah luas ruangan, jumlah lampu, arah paparan sinar matahari, jumlah orang dalam ruangan, serta bahan pembentuk dinding.

Ada 4 jenis AC yang umum diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan, terutama di rumah-rumah, yaitu AC Split, cassette, standing AC, dan window. Berikut ulasan singkatnya.
1. AC Split
Sesuai namanya AC tersebut memisahkan indoor unit dengan outdoor unit atau bagian untuk ruang dalam dan luar ruangan. Suara yang dihasilkan saat mesin beroperasi menjadi lebih lembut karena posisi unitnya yang terpisah. Jenis AC tersebut sesuai untuk ruangan-ruangan yang memerlukan kesenyapan seperti kamar tidur, perpustakaan, ruang meeting, kelas, dan lain-lain. Untuk harga ac jenis ini juga cukup beragam di pasaran.
2. AC Window
Jenis AC ini  bagian indoor unit serta outdoor unitnya berada dalam satu ruangan tetapi pada sisi yang berlawasan. AC Window cocok untuk area-area yang terbatas seperti rumah susun. Bentuknya yang besar membuat AC ini relative aman  dari tindak pencurian.
3. AC Cassette
Inilah AC yang sesuai untuk gedung  bertingkat dengan banyak lantai, tetapi pemasangannya memang agak sulit dan harus dilakukan oleh ahlinya.
4. Standing AC
AC  ini sangat sesuai untuk aktifitas-aktifitas situasional seperti rapat, seminar, pengajian, hingga acara outdoor. AC jenis standing ini  banyak dipilih karena mudah dipindah-pindahkan ke berbagai ruangan.

Nah, demikianlah beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam memilih AC selain faktor harga ac saja.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment