prinsip

Prinsip Kerja AC Split

Ac split dapat dikatakan sebagai penyelamat hidup seseorang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Disini Anda tidak akan mungkin mengetahui cara kerja yang sebenarnya dari ac dan Anda hanya mengira jika ac memproduksi udara dingin yang Anda nikmati dengan mengusir udara panas yang terdapat di dalam ruangan. Akan tetapi, cara kerja dari ac ini cukup rumit dan terbagi menjadi beberapa tahapan sebelum udara diproses.
Sistematis Kerja Ac Split
Prinsip kerja dari ac split sebenarnya sama dengan ac bertipe lainnya dimana ac ini akan menyerap udara panas yang ada di dalam ruangan kemudian mengolahnya di dalam ac menggunakan komponen di dalamnya dan melepaskan udara itu kembali namun dalam kondisi dingin. Ac ini disebut inovasi yang lebih baik dan terbaru dibandingkan sebelum-sebelumnya sebab disini perangkat pendingin ini mampu untuk menyesuaikan suhu yang ada di dalam ruangan dengan suhu yang diinginkan bahkan beberapa diantaranya langsung mampu menyesuaikan dengan kondisi ruangan tersebut. Awal mulanya adalah udara panas yang terdapat di dalam ruangan akan dihisap langsung.
Begitu Anda menyalakan ac split, maka blower yang terdapat di dalam unit indoor akan langsung menghisap udara tersebut melalui sirip dari evaporator yang mempunyai suhu lebih rendah dan dingin dibandingkan dengan suhu ruangan yang ada. Ketika udara yang ada di dalam ruangan bersirkulasi di dalam evaporator, maka suhu dari udara ruangan otomatis akan lebih tinggi dibandingkan dengan evaporator sendiri dan panas yang diterima oleh evaporator kemudian akan dilepaskan kembali ke dalam ruangan ketika aliran dari refrigeran melewati bagian dari kondenser yang terdapat di bagian outdoor. Itulah inti dari prinsip kerja yang dilakukan oleh ac untuk ruangan.
Namun untuk refrigeran memiliki beberapa proses tahapan kerja yang juga sangat rumit sehingga udara dingin itu dapat Anda rasakan di dalam ruangan termasuk kulit Anda. Di dalam ac split masih terdapat proses kompresi dan ini terjadi di dalam kompresor. Proses ini akan secara otomatis dimulai setelah refrigeran meninggalkan bagian evaporator. Kemudian masuknya refrigeran itu tersambungkan melalui pipa intake atau pipa masukan kompresor. Refrigeran yang masuk ini akan tetap bersuhu rendah dengan tekanan yang juga rendah sehingga bentuknya adalah uap atau gas. Bentuk ini dapat dipertahankan sebab kompresor menghisap gas dan mengkompresinya langsung.
Ini harus dilakukan hingga refrigeran mencapai tekanan dari kondensasi, Setelah tekanan tersebut diubah, maka selanjutnya refrigeran akan dipompa dan kemudian dialirkan menuju kondenser. Namun setelah itu masih terdapat lagi proses kondensi. Proses ini akan tepat dimulai setelah refrigeran terebut meninggalkan kompresor. Refrigeran yang tadi masih memiliki bentuk gas atau uap namun mempunyai tekanan dan suhu yang tinggi dan kemudian akan dialirkan menuju kondensor. Di dalam kondensor itu, refrigeran yang tadinya berbentuk uap akan diubah menjadi bentuk cair. Namun panas yang terdapat di dalam refrigeran akan langsung dipindahkan menuju keluar pipa kondensor.
Dikarenakan refrigeran cair ini masih memiliki tekanan yang tinggi, maka proses selanjutnya adalah menurunkan tekanan dari refrigeran. Proses ini terjadi di dalam pipa kapiler tepat setelah refrigeran meninggalkan kondensor. Pipa ini pun memiliki fingsi untuk mengontrol dua tekanan yang berbeda yaitu tekanan rendah dan tinggi. Setelah itu, tekanan yang berbeda ini akan dilanjutkan ke dalam proses pendinginan yang terjadi di dalam evaporator yang nantinya mengubah refrigeran itu menjadi uap dingin.
Meskipun proses dari ac split sangat rumit dan juga panjang, akan tetapi Anda dapat langsung merasakan udara dingin hanya dalam beberapa detik saja sebab teknologi yang canggih.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment