prinsip kerja dispenser

Prinsip Kerja Pendingin Air Dalam Dispencer

Bisnis kuliner saat ini memang banyak dijalankan karena inilah satu-satunya jenis bisnis yang menjanjikan pengembalian modal dalam waktu singkat serta berpotensi untuk memberikan hasil keuntungan yang berlipat bagi Anda. Selain makanan bisnis kuliner yang juga cukup banyak dilirik adalah minuman, terutama minuman segar yang tentu saja cocok dikonsumsi saat cuaca terik di negara kita yang tropis ini. Salah satu peralatan yang wajib Anda miliki jika ingin memulai bisnis ini adalah dispencer, terutama jenis dispenser yang menyediakan storage pendingin untuk cold drink. Beberapa produk bahkan menggunakan storage semi kaca yang terlihat anggun dan elegan.

Prinsip kerja pemdingin dispencer
Sebelum memilih produk dispencer yang paling cocok untuk investasi bisnis Anda, berikut ini adalah prinsip kerja pendingin air dalam dispenser yang penting untuk menambah wawasan Anda. Prinsip kerja pengubahan suhu air menjadi dingin pada dispenser bisa Anda samakan bila kita menaruh sebuah botol stainless steel berisi air ke dalam bagian pendingin atau freezer di kulkas.

Sementara komponen yang terdapat pada bagian tengah dispencer adalah tabung dengan bagian tengah dililit sebuah elemen pemanas serta ada sebuah bagian lagi yang berfungsi sebagai sensor suhu atau thermostat. Secara umum dapat dijelaskan bahwa pada proses pendinginan atau pun pemanasan air pada dispenser diawali dari penampung atau tangki air pertama yang berguna untuk membagi air dalam galon untuk diproses menjadi air panas serta air dingin.

Untuk proses pendinginan sendiri di dalam dispencer dibagi menjadi dua yaitu pendinginan dengan fan dan pendinginan dengan sistem refrigan. Berikut ini adalah penjelasannya.
1. Pendinginan air dengan fan
Dalam dispenser proses pendinginan air bisa dilakukan dengan menggunakan fan yaitu menghisap suhu tinggi pada air saat air berada pada tabung penampung kedua yang berada di bawah tabung penampung air pertama. Sayangnya pada kenyataannya alat tersebut hanya membantu mempercepat untuk menurunkan suhu air dan dampaknya tak terlalu besar. Dengan demikian Anda akan merasakan suhu air hanya turun sedikit saja. Setelah melalui tabung penampung air kedua, maka air akan dialirkan melalui keran dan siap diminum.

2. Pendinginan air dengan sistem refrigan
Sama seperti pada lemari es pendinginan air pada dispenser juga menggunakan sistem refrigan, perbedaannya hanyalah evaporatornya dimasukkan ke dalam tabung air kedua yang terletak di bawah tabung penampung air pertama. Hal ini menyebabkan air di sekitar evaporator menjadi dingin. Bila dibandingkan dengan penggunaan fan, penggunaan sistem refrigan ini memang akan jauh lebih maksimal. Setelah melalui proses pendinginan pada tabung penampung air yang kedua selanjutnya air akan dialirkan keluar melalui kran.

Demikianlah prinsip kerja pendingin air dalam alat elektronik dispenser. Untuk memiliki dispenser yang demikian paling tidak Anda membutuhkan modal 1 hingga 2 jutaan tergantung dari produk yang Anda pilih. Penggunaan dispenser bagaimana pun akan lebih praktis baik bisnis minuman yang Anda tekuni adalah bisnis minuman segar atau minuman panas. Untuk usaha kuliner minuman dingin terdapat alat yang disebut mesin jus dispenser yang tak hanya bisa mendinginkan air tetapi juga sari buah, susu, coklat dan lain sebagainya.

Untuk menghemat biaya listrik Anda bisa memilih menggunakan kompressor berkualitas unggul yang hanya membutuhkan daya kecil untuk mendinginkan minuman dalam dispencer dalam waktu cepat. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi yang berguna bagi ide bisnis kuliner Anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment