Tips menggunakan ac

Selain Harga AC, Perhatikan Tips Hemat Penggunaan AC Rumah

AC (Air Conditioner) atau pengatur suhu udara ruangan sudah menjadi bagian dari kebutuhan setiap rumah saat ini. Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan. Ada banyak pula merek dan tipe AC. Semakin tinggi harga AC, maka semakin banyak fitur atau keunggulannya. Namun, hal yang perlu diperhatikan selain harganya adalah bagaimana Anda akan menghemat penggunaan AC di rumah sehingga biaya tagihan listrik tidak akan membengkak.
Harga AC; Tips Hemat Penggunaan AC di Rumah
Ada berbagai cara untuk tetap santai dan tenang di rumah dengan menggunakan AC tanpa khawatir tagihan listrik. Berikut ini tipsnya;
Tingkatkan suhu AC di malam hari
Di malam hari Anda tidak memerlukan tingkat suhu yang terlalu rendah (dingin). Coba matikan AC Anda atau tingkatkan suhunya selama jam tidur Anda. Jika AC memiliki “sleep mode”, nyalakan mode tersebut untuk menyesuaikan suhu dan hemat energi.
Manfaatkan AC Portable
Harga AC portable memang lebih mahal (tergantung merek dan tipe). Akan tetapi jika Anda tidak mendinginkan seluruh rumah Anda, coba gunakan unit portabel untuk mendinginkan area atau ruangan yang akan Anda gunakan. AC portable menggunakan energi hingga 50% lebih sedikit daripada unit sentral yang lebih besar.
Tutup ventilasi
Udara dari dalam atau luar akan masuk dan keluar lewat ventilasi. Jadi coba tutup sebagian besar atau semua ventilasi di rumah atau ruangan yang akan Anda gunakan. Udara dingin dari AC akan terasa lebih maksimal ketika ventilasi tertutup karena udara dingin tidak keluar dan udara hangat dari luar tidak masuk.
Servis AC Anda
Jika Anda menginginkan harga AC yang mahal dengan harapan lebih mudah merawatnya, Anda tetap harus melakukan pengecekan dan perawatan rutin. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan mengganggu filter atau saringan AC Anda yang kemudian membuat AC bekerja lebih keras tetapi udara tetap panas. Pengecekan dan perawatan penting untuk setiap jenis AC.
Atur ulang perabotan Anda
Mebel yang menghalangi ventilasi AC tentu akan membuat aliran udara AC tidak menyebar sempurna. Periksa kembali tata letak perabotan Anda dan usahakan agar tidak menghalangi aliran udara AC. Ini penting untuk diperhatikan karena seringnya banyak orang yang mengabaikan hal ini.
Kurangi Cahaya
Mematikan lampu dapat membantu mengurangi udara panas di rumah, namun memperhatikan seberapa banyak cahaya yang Anda biarkan masuk dari jendela yang terbuka juga dapat memainkan peran penting. Oleh sebab itu, cobalah untuk menyesuaikan mana cahaya yang dibutuhkan dan mana yang tidak baik siang atau malam hari.
Jangan lupakan kipas angin
Memang harga AC yang mahal dengan berbagai fitur unggulan dapat mengatur suhu udara dengan mudah. Akan tetapi, jika ada unit pendukung AC yang dapat mendinginkan udara lebih cepat dan rata seperti kipas angin yang akan meratakan udara yang keluar dari mulut AC, apa salahnya untuk menggunakannya agar suhu di ruangan cepat dingin. Ketika sudah dingin, bisa matikan kipas angin. Kipas angin akan tetap membantu banyak dan pastinya tetap hemat energi.
Masih ada cukup banyak tips hemat penggunaan AC di rumah lainnnya yang bisa Anda lakukan seperti mematikan AC ketika Anda pergi dengan tetap menutup gordyn sehingga panas matahari tidak akan masuk. Jadi, selain harga AC yang Anda perhatikan, Anda juga seharusnya mengetahui bagaimana menghemat energi ketika menggunakan AC di rumah sehingga tagihan listrik tidak akan membengkak. Cobalah cara di atas.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment