memilih

Sesuaikan Kebutuhan AC Split Anda

Dampak dari adanya pemanasan global yang sering dirasakan saat ini adalah perubahan cuaca yang tidak menentu. Pada saat musim hujan malah tidak turun hujan, sedangkan saat musim kemarau turun hujan. Suhu udara dunia yang tidak menentu memunculkan permintaan yang semakin tinggi pada AC Split atau air conditioner atau penyejuk ruangan. Mungkin banyak dari anda yang telah memiliki air conditioner di rumah apalagi dengan harga ac sekarang terjangkau dari berbagai merek keluaran pabrik ternama di dunia.

Jenis AC Split Standart dan Low Watt
Ada beberapa tipe dari AC Split yang penting untuk anda ketahui karena anda dapat membeli AC sesuai dengan jenis kebutuhan anda. Pertama jenis yang sering ditemukan yaitu jenis AC standart atau biasa. AC standart ini cocok bagi anda yang menghendaki udara cepat dingin tanpa menunggu waktu yang lama namun memakan watt yang cukup besar. Cara kerja AC standart ini jika AC sudah mencapai suhu yang maksimal biasanya akan mati otomatis untuk tidak boros listrik. Tapi jika AC sering mati-hidup justru akan memakan listrik yang lebih besar. Keuntungan yang didapatkan jika anda memakai tipe AC standart ini yaitu harganya yang murah, perawatannya mudah dan harga Freon juga terjangkau.

Jenis AC Split kedua adalah jenis Low watt, sesuai dengan namanya AC ini memang dirancang untuk menyempurnakan dari kelemahan AC standart yang boros listrik atau watt yang tinggi. Dengan watt yang rendah AC low watt akan memakan listrik relatif lebih rendah dan tentu saja akan mengurangi budget anda dalam membayar tagihan listrik. Anda yang memiliki daya listrik cukup rendah pada rumah anda cocok menggunakan jenis AC ini karena kompresor yang ada di AC dikurangi sehingga tidak memakan banyak listrik. Kekuaranga dari AC jenis Low watt ini yaitu harganya relatif lebih mahal, tidak cepat dingin dan udara dingin yang diciptakan tidak semaksimal AC standart.

Jenis AC Split Hemat Energi AC Inverter dan Hybrid
AC Inverter merupakan Jenis AC Split ketiga yang akan dibahas. Saat ini jenis Ac ini sedang banyak dibicarakan orang karena kecanggihan yang dimilikinya. AC inverter mampu menyesuaikan arus listrik yang ada dengan menggunakan teknik pengaturan frekuensi listrik untuk mengontrol cooling power. Arus AC dari PLN akan dirubah menjadi DC dan dikembalikan lagi dalam bentuk arus AC sehingga ketika suhu udara sudah dingin maksimal,. Kekurangan dari jenis AC Inventer ini adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan jenis Low Watt, meskipun memakan watt listrik yang rendah namun AC Inverter akan mudah rusak karena bekerja secara terus-menerus untuk menyesuaikan suhu udara dan watt listrik yang tersedia, udara dingin yang dihasilkan tidak semaksimal AC jenis standart, spare parts AC cukup mahal, harga Freon juga cukup mahal dan teknisi yang paham mengenai AC inverter masih terbatas.

Yang terakhir adalah jenis AC Split Hybrid. Jenis AC Hybrid ini diciptakan untuk menutupi kekurangan dari jenis AC sebelumnya dan supaya pengguna AC dapat memaksimalkan performance maksimal dan sesuai keinginan dari penggunanya. Ada tiga pilihan yaag diberikan oleh jenis AC hybrid dalam hal mengatur suhu udara. Pertama, normal jika suhu udara dirasa cukup panas dan terdapat banyak orang di dalam ruangan. Kedua rendah dipilih jika suhu udara cukup dingin dan di dalam ruangan terdapat 3-5 orang. Yang terakhir lebih rendah, dipilih jika suhu udara dingin dan terdapat 1-2 orang di dalam ruangan. Kelebihan yang akan anda dapatkan dengan memakai AC hybrid adalah hemat energi dan tidak bising namun harganya saat ini masih relatif mahal.

Setelah anda mengetahui berbagai jenis AC Split, anda dapat menentukan AC mana yang sebenarnya sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment