showcase

Siapa Bilang Showcase Tak Hemat Listrik?

Banyak orang bilang kalau menggunakan kulkas jenis apa saja baik kulas jenis pendingin hingga kulas transparan yang dikenal dengan showcase akan membuat tagihan listrik membengkak, padahal jika digunakan dengan cara yang benar, Anda malah bisa menghemat pembayaran tiap bulannya. Tidak percaya?

Kalau dulu, alat elektronik memang identik dengan meningkatnya daya listrik yang digunakan, sehingga membuat orang berfikir dua kali untuk membelinya. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, para ahli mencari solusi agar kulkas dan alat elektronik lain tak membuat orang jatuh miskin, dengan komponen hebatnya, kulkas menjelma menjadi barang elektronik ramah listrik dan semakin tak terpisahkan dengan kehidupan masyarakat.

Begini Caranya Kalau Ingin Showcase Hemat Listrik
Jika saat ini Anda sudah memiliki satu unit showcase atau mala  lebih, untuk penggunaan rumah tangga atau bisnis, maka saatnya untuk menggunakannya dengan bijak dan tepat. bagaimana caranya?
1.    Atur  isi kulkas dengan rapi dan seimbang. Hal ini akan membuat mesin pendinginnya bekerja sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sudah berdasarkan survey yang dilakukan kepada sejumlah pengguna kulkas, dimana bagi yang isi kulkasnya amburadul dan penuh tidak menentu, akan memberi efek pada kemampuan pendingin. Sementara bagi yang isi kulkasnya tertata rapi, suhu dingin akan tetap stabil hingga kapanpun.
2.    Gunakan stabilizer untuk menjaga daya yang dipakai oleh kulkas terutama showcase. Karena bisa jadi tegangan listrik menjadi tidak stabil pada satu saat tertentu, sehingga berpengaruh pada penggunaan daya. Ketika stabilizer digunakan, baik daya rendah atau tinggi  namun kulkas tetap bekerja secara normal tanpa gangguan apapun.
3.    Pastikan Anda tak pernah terlalu lama membuka pintu kulkas, karena hal itu akan mempengaruhi kinerja mesin pendingin, yang akan bekerja ekstra ketika udara panas masuk, terutama memaksa komponen pendingin untuk kembali keposisi awal untuk mendinginkan ruangan di dalam kulkas tersebut.
4.    Jangan pernah memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas, karena akan mempengaruhi kinerja pendingin, dan otomatis akan membuat daya listrik juga meningkat, sebab tentunya pendingin kulkas akan teruc mencoba mengeluarkan suhu dingin hingga batas maksimal.
5.    Letakkan kulkas jauh dari sinar matahari, dan pastikan juga tidak menempel di dinding. dengan begitu, panas yang dipancarkan matahari tidak akan mengganggu proses pendinginan di dalam showcase Anda.
6.    Tak perlu mematikan kulkas saat bepergian, karena hanya akan membuat kondisi kulkas tidak segar. Namun lakukanlah pembersihan kulkas sebelum bepergian, sehingga kestabilan mesin pendinginnya bisa terjaga.

Apa Dampak Penggunaan Showcase Yang Asal-asalan?
Mungkin Anda selama ini tak menyadari dampak yang dirasakan ketika menggunakan showcase secara asal. Pertama yang rentan terjadi adalah kerusakan secara kontinu, karena pastinya alat pendingin akan bekerja tidak stabil akibat seringnya dibuka dan ditutupnya alat ini tanpa pertimbangan jangka panjang. Kemudian setelah rusak, tentunya Anda harus melakukan upaya untuk memperbaikinya, itupun kalau bisa diperbaiki, jika tidak tentu Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli unit yang baru apalagi jika penggunaannya untuk bisnis, tentu Anda tak ingin bisnis terhambat gara-gara alat pendinginnya rusak bukan?

Makanya sangat penting bagi Anda untuk melakukan berbagai upaya agar showcase yang Anda lakukan “sehat” terus dan membuat Anda bisa berhemat, karena akan banyak dampak positifnya bagi kehidupan Anda untuk jangka panjang, baik dari segi finansial, maupun kenyamanan hidup. Jika tidak, maka masa depan bisnis dan aktivitas rumah tangga Anda  pastinya akan terganggu.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment