fakta

Simak 4 Fakta Menarik Seputar TV LED!

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin cepat, perangkat elektronik yang beredar di pasaran mengalami inovasi untuk menyesuaikan kebutuhan dan tuntutan zaman. Di tengah era gawai canggih seperti ponsel layar sentuh hingga alat-alat wireless, televisi ternyata masih mendapatkan perhatian dari masyarakat. Bahkan perangkat elektronik ini pun tidak luput dari sentuhan teknologi modern.

Jika dulu kita menikmati tayangan televisi bertipe tabung, maka kali ini televisi sudah berubah bentuk jadi lebih ‘langsing’. Bobotnya pun tergolong lebih ringan, sehingga bisa dipindahkan secara mudah. Televisi bertubuh tipis dan berlayar datar ini lebih dikenal sebagai TV LED. Fitur yang disematkan pada televisi layar datar ini pun lebih canggih dibandingkan televisi layar cembung.

Untuk mengenal lebih dalam tentang TV LED, mari kita simak fakta-fakta uniknya di bawah ini.

Bedanya TV LED dengan TV LCD

Sebagian besar orang masih mengira kalau TV LED tak ada bedanya dengan TV LCD. Padahal kedua perangkat elektronik mempunyai beberapa perbedaan yang penting untuk diketahui. Misalnya, TV LED merupakan bentuk pengembangan dari TV LCD. Salah satu hal yang membedakannya adalah sistem pencahayaan, karena TV LED sudah menggunakan emitting diode yang tidak ada pada TV LCD. Hal ini yang membuat TV LED lebih bersahabat dan hemat dibandingkan TV LCD maupun televisi tabung.

Ukuran TV LED Jauh Lebih Tipis

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, TV LED ternyata lebih tipis dibandingkan TV LCD meski dua perangkat tersebut memiliki layar datar. Hal ini dikarenakan adanya teknologi yang bisa memindahkan lapisan tambahan ke samping layar televisi dalam format backlighting. Pemasangan LED dilakukan pada empat sisi televisi yang bertugas untuk memproyeksikan cahaya. Lantas, cahaya tersebut nantinya akan diproyeksikan ke bagian tengah menggunakan lightguide yang sudah terpasang.

TV LED Lebih Tahan Lama

Ingin mempunyai televisi yang tidak cepat rusak dengan harga terjangkau? Maka TV LED dapat menjadi pilihan yang tepat, sebab televisi ini tergolong tahan lama dibandingkan LCD maupun yang bertabung. TV LED bahkan dapat bertahan dengan penggunaan di atas 75 ribu jam! Bahkan beberapa produsen TV LED dapat awet lebih lama karena disokong komponen yang jauh lebih menunjang. Meski begitu, kita juga harus merawatnya dengan baik dan benar.

Perawatan TV LED Lebih Mudah

Lantas, apakah dengan daya tahan yang lama, metode perawatan TV LED pun tergolong sulit? Ternyata, cara merawat TV LED malah lebih gampang dibandingkan jenis televisi yang lama. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga TV LED adalah:

Menjaga temperatur ruangan tidak terlalu panas atau maksimal sekitar 35oC. Hal tersebut akan membuat komponen televisi tetap stabil dan tidak terganggu;

Usahakan supaya pencahayaan di dalam ruangan pun tidak terlalu terang maupun redup;

Pastikan pengaturan TV LED sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh produsen. Jangan terlalu berlebihan atau melanggar panduan tersebut;

Jika tiba-tiba terjadi gangguan pada jariangan televisi, segera matikan perangkat terlebih dahulu. Kemudian diamkan selama beberapa saat sebelum kita refresh jaringan tadi sampai kembali seperti semula.

Tentu saja TV LED masih mempunyai beberapa kelemahan dan bisa cepat rusak kalau kita tidak hati-hati menempatkannya dengan benar. Selain itu, kalau TV LED mengalami gangguan, segera hubungi orang yang benar-benar ahli untuk membetulkan perangkat elektonik.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment