teknologi led tv

Teknologi Ramah Lingkungan dan Hemat Energi Dari LED TV

Era modern teknologi telah membuat banyak para produsen pasar yang berlomba-lomba mengembangkan inovasi mereka dengan tujuan diluncurkan kepada para konsumen. Salah satu piranti elektronik yang telah mengalami sederet perkembangannya yakni televisi, yang saat ini santer di telinga masyarakat adalah LED TV. Televisi mengalami banyak perkembangan mulai dari segi ukuran, kualitas layar dan gambar yang ditampilkan, jenis layar, memiliki port USB, hingga yang paling mutakhir adalah hemat energi dengan sistem power saving berbasis kelestarian lingkungan.

Pasar TV digital modern telah dimarakan oleh kehadiran teknologi layar datar Light Emitting Dioda yang merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya ini berusaha untuk menawarkan piranti elektroniknya dengan mengutamakan kepedulian terhadap lingkungan yang notabene setiap tahun semakin terancam oleh pemanasan global. Oleh karena itu, pasar TV modern mengembangkan teknologi dengan tetap mengedepankan aspek lingkungan.

Teknologi LED TV Ramah Lingkungan dan Aman Bagi Kesehatan
Awal perancangan, proses penciptaan dan pengembangannya, LED TV telah dirancang khusus untuk pro dengan lingkungan. Teknologi ramah lingkungan yang ditawarkan adalah meminimalisir penggunaan beberapa komponen yang dapat merusak lingkungan secara perlahan-lahan. Dilihat dari segi teknologi, menurut Masyuri Wahab, ahli elektronik dari LIPIĀ  mengatakana bahwa televisi layar LED menjadi televisi yang menerapkan satu aspek penting, yakni ramah lingkungan karena telah menggunakan sistem hemat energi dan mempertimbangkan dampak pemanasan global (global warming).

LED TV mampu menghemat daya sekitar 50 persen dibanding televisi pada umumnya. Dapat dibayangkan jika biasanya tingkat konsumsi listrik sekitar 100 watt, maka dengan kecanggihannya saat ini hanya diperlukan sekitar 50 watt untuk konsumsi televisi. Dengan kualitas yang maksimum namun daya yang dibutuhkan sangat minimum, sehingga pemilik tak perlu takut akan daya yang besar dan berbahagialah karena dapat membantu menyimpan setengah daya yang terbuang dari televisi untuk beberapa bulan atau tahun ke depan. Tentunya sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar dan generasi mendatang.

Dari segi keamanan bagi kesehatan, LED TV menggunakan teknologi bebas merkuri sehingga tidak memberikan dampak buruk yang signifikan bagi kesehatan konsumen. Dengan teknologi bebas merkuri, artinya TV LED telah mengurangi emisi CO2. LED TV juga memiliki tingkat pancaran radiasi yang sangat rendah karena teknologinya telah menghapuskan spray paint system sehingga efek radiasi yang dapat merusak mata bisa diminimalisir dengan kehadiran teknologinya yang disematkan pada televisi canggih ini.

Solusi Mengetahui LED TV Memang Hemat Enegi
Jika hendak membeli televisi yang ramah lingkungan ini, terdapat satu tips kecil untuk memastikan bahwa televisi yang hendak dibeli adalah benar-benar hemat energi. Untuk mengetahui bahwa LED TV adalah televisi yang hemat energi, cara yang praktis untuk dilakukan yaitu ketika akan membeli, coba untuk menyalakan televisi di toko elektronik yang bersangkutan beberapa saat. Setelah beberapa saat menyala, coba sentuh atau raba bagian layar dan belakang televisi. Apabila terasa panas, hal tersebut mengindikasikan televisi yang bersangkutan tidak termasuk ke dalam kategori televisi yang hemat energi.

Jika panas yang dihasilkan oleh televisi tersebut berlebihan, hal itu berarti daya yang digunakan cukup besar. Sehingga perlu dikroscek ulang dengan brand-brand lainnya untuk memastikan televisi yang hendak dibeli adalah yang hemat energi.

Secara umum, LED TV adalah salah satu inovasi teknologi masa kini yang diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Televisi LED dirancang dengan menggunakan teknologi hemat energi, ramah lingkungan, serta bebas merkuri yang tentunya minim dari radiasi. Pancaran radiasi yang dihasilkan pun juga lebih sedikit dibandingkan dengan televisi pendahulunya dan tidak menggunakan sistem spray paint sehingga secara tidak langsung televisi LED dapat membantu mengurangi dampak dari pemanasan global (global warming).

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment