tips-agar-kulkas-hemat-listrik

Tips Agar Kulkas Hemat Listrik

Di jaman sekarang ini rasanya tak ada rumah yang tak mempunyai perangkat elektronik kulkas. Fungsinya yang menjadikan bahan makanan tetap awet dan segar sehingga dapat diolah kapan pun sesuai keinginan tentu akan sangat praktis bagi setiap orang. Ada berbagai jenis lemari es yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan seperti misalnya top freezer, bottom freezer, side by side, atau lemari es show case untuk melengkapi bisnis kuliner. Bila Anda memiliki perangkat ini tentu Anda pun sadar bila lemari es yang menyala selama 24 jam sehari berpotensi membuat tagihan listrik membengkak.

Untuk kulkas dengan kapasitas 150 liter daya listrik yang digunakan adalah 100 watt. Berdasarkan daya tersebut bila penggunaan listrik untuk lemari pendingin tersebut per harinya mencapai 2.4 kWh atau senilai dengan Rp. 3250,-, dengan demikian dalam satu bulan tagihan listrik Anda akan mencapai Rp. 97.500,-. Nilai tersebut memang sangat relatif dalam menentukan mahal atau murahnya tagihan listrik Anda. Tetapi bila Anda merasa angka tersebut terlalu besar, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu:

Tips agar kulkas tak boros listrik
Tips berikut ini sesungguhnya hal-hal sederhana dalam keseharian namun bila dilakukan secara konsisten akan menjadi metode yang cukup efektif untuk berhemat.
1. Cara yang paling umum untuk menjaga agar tagihan listrik tak membengkak adalah dengan meminimalkan membuka dan menutup pintu lemari es. Hal ini menyebabkan udara dari luar masuk ke dalam lemari es dan mesinnya harus bekerja ekstra untuk membuat udara di dalamnya kembali menjadi dingin. Inilah sebabnya sebaiknya saat membuka pintu lemari pendingin Anda sudah tahu apa yang ingin Anda ambil. Inilah penyebabnya mengapa untuk lemari es yang digunakan untuk kebutuhan bisnis dipilih jenis show case atau berpintu kaca transparan sehinga menunjukkan produk yang disimpan di dalamnya.
2. Kulkas yang kosong tak akan mengonsumsi listrik yang lebih minim, karena faktanya lemari es yang hampir kosong atau hanya terisi sedikit justru akan menggunakan energi yang lebih besar. Bila tak ada bahan makanan yang bisa dimasukkan, Anda bisa mengisi lemari pendingin dengan botol-botol berisi air. Dengan demikian air dingin di dalamnya akan mempertahankan kestabilan suhu dalam kulkas sehingga daya yang dikeluarkan untuk membuat suhu dalam ruangan lebih kecil. Sebaliknya, kulkas yang terlalu penuh juga akan mengganggu sistem sirkulasi udara di dalamnya.
3. Penggunaan lemari pendingin idealnya tak lebih dari 10 tahun. Perusahaan produsen pada umumnya memberikan garansi selama 3 hingga 5 tahun. Ciri-ciri lemari es sudah saatnya diganti adalah es membeku lebih lama, karet pintu menjadi longgar, bunga es menjadi terlalu banyak, dan sebagainya. Dengan demikian penggunaan lemari pendingin pun tak akan efisien lagi sehingga harus diganti dengan yang baru.
4. Saat sudah semakin banyak masyarakat yang memilih menggunakan lemari es hemat energi yang bisa meminimalkan konsumsi energi hingga 30%. Tak hanya akan menghemat biaya listrik, memilih produk yang demikian ini juga membuat Anda turut berpartisipasi pada program pelestarian lingkungan.
5. Fitur defrost berfungsi untuk mencairkan bunga es yang berada di dalam freezer. Pada saat fitur ini diaktifkan maka thermostat akan menjadi non aktif sehingga bunga es mencair. Pembersihan freezer akan melancarkan aliran udara di dalamnya sehingga konsumsi listrik juga akan berkurang.

Tak sulit bukan untuk membuat kulkas Anda hemat energi sekaligus hemat biaya? Selamat mencoba!

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment