belanja-online

Tips Aman Berbelanja AC Secara Online

Berbelanja secara online sudah menjadi tren saat ini. Bahkan, hampir semua kebutuhan juga bisa dibelanjakan secara online dimulai dari kebutuhan umum sampai kepada kebutuhan khusus seperti AC. Jika Anda berpikir belanja alat elektronik seperti air conditioner ini tidak aman, maka perhatikan beberapa tips berikut ini. Beberapa tips ini akan membuat Anda belanja alat elektronik seperti air conditioner secara aman sehingga terhindar dari penipuan.
4 Tips Membeli AC Secara Online
Sudah saatnya Anda berbelanja AC secara online karena ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Tentu, Anda harus tahu tips berbelanjanya jika Anda ingin secara online sehingga Anda akan tidak akan kecewa. Perhatikan beberapa tips berikut ini.
Lihat profil, alamat dan nomor kontak toko
Syarat pertama agar Anda belanja secara aman adalah melihat profil, alamat dan nomor kontak toko tersebut. Semuanya bisa Anda lihat dari website resmi mereka. Pastikan, website mereka bukan website abal-abal dari sumber gratis seperti blogspot atau wordpress. Biasanya, sumber atau situs yang tidak gratis dimulai dengan www. serta di akhiri dengan .com atau .co.id. Jika demikian, maka situs tersebut asli. Selanjutnya, tinggal cek alamat serta no kontak apakah bisa dihubungi atau tidak.
Kelengkapan produk
Ada banyak merek AC berada di pasaran. Tentu, hanya toko yang berkualitas yang hanya memberikan produk dengan merek berkualitas pula. Beberapa merek berkualitas seperti LG, Samsung, Sharp dan Panasonic seharusnya muncul di daftar produk yang mereka tawarkan. Selain itu, cek kelengkapan tiap merek. Satu merek, tentu memiliki beragam jenis dan tipe air conditioner. Bahkan, jika Anda memiliki daftar tipe terbaru, dengan kelengkapan produknya, Anda juga bisa menemukannya. Artinya, ketika ada tipe terbaru dan toko tersebut memilikinya, memang mereka ada hubungan kerjasama dengan merek tersebut.
Sistem pembayaran setelah barang sampai
Biasa disebut dengan COD atau Cash on Delivery. Pembayaran akan dilakukan jika air conditioner yang datang sesuai dengan pesanan yang sudah dilakukan sebelumnya dari mulai merek, tipe dan jenisnya. Dengan begitu, Anda akan memastikan bahwa produk tersebut asli sesuai dengan permintaan. Bahkan, Anda bisa mengecek nomor registrasi produk apakah asli atau palsu. Dengan demikian, Anda akan membeli air conditioner sesuai dengan pesanan.
Menerima jasa pemasangan dan servis
Jasa pemasangan biasanya gratis sama halnya dengan jasa pengiriman. Untuk pengiriman bisa saja disesuaikan jika jarak terlalu jauh maka akan dikenai biaya tertentu. Yang terpenting adalah jasa pemasangan serta servis yang diberikan oleh toko tersebut. Pemasangan bisa saja dalam waktu satu hari atau lebih tergantung dari kendala yang ada. Biasanya, satu hari sudah selesai. Setelah pemasangan, biasanya juga akan diberi tahu tentang servis dan lainnya termasuk garansi.
Memberikan garansi
Garansi adalah salah satu fitur pelayanan yang tidak boleh Anda sepelekan. Garansi adalah bukti bahwa toko tersebut akan memberikan kepuasan secara total. Waktu garansi ditentukan oleh toko tersebut. Ada garansi penuh, ada juga garansi yang tidak penuh tergantung dari jenis kerusakannya. Syarat garansi juga harus dipenuhi seperti keberadaan dus dan surat-surat lainnya.
Dari 5 tips di atas, tentu sekarang Anda sudah bisa merasakan berbelanja AC online secara aman karena semua akan dipastikan begitu barang sampai di depan rumah. Selain itu, jika memungkinkan, memang seharusnya Anda melihat alamat toko tersebut secara langsung sehingga jika ada apa-apa Anda bisa menghubungi atau mendatangi secara langsung pula.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment