membersihkan cooker hood

Tips Bersihkan Cooker Hood

Dalam menjaga kesegaran udara di dapur, cooker hood memegang peranan yang sangat penting. Meskipun menggunakan kompor, anda tetap perlu waspada akan residu pembakaran dan uap makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit. Apalagi jika sirkulasi udara dapur tidak bagus, pasti terasa tidak nyaman saat memasak. Beruntung jika anda sudah memasang cooker hood di dapur. Alat ini akan menghisap dan memurnikan udara yang kotor sebelum kita hirup ke paru-paru. Sehingga bau-bau makanan dan bumbu yang menyengat juga bisa dinetralisasi dengan sempurna.
Langkah-Langkah Bersihkan Alat Penyaring Udara Dari Polusi Kompor
Peralatan dapur tanpa kecuali memerlukan perawatan. Banyak diantaranya hanya memerlukan perawatan biasa saja, misalnya cukup dengan dicuci saja. Beda halnya dengan cooker hood yang anda miliki. Karena setiap saat difungsikan untuk kebersihan udara, penting untuk memberikan perlakuan khusus pada alat ini. Anda tidak perlu lagi membayar orang untuk membersihkan cooker hood. Anda bisa mengikuti step by step tips membersihkan cooker head berikut ini.
Anda harus komitmen untuk membersihkan secara berkala.Barang yang rajin untuk dirawat pasti selalu berfungsi normal dan awet.Untuk kebersihan cooker hood di atas kompor, anda harus menjadwalkan perawatan minimal sebulan sekali. Apabila setiap hari anda sangat sering memasak, perpendek rentang waktu untuk pembersihan. Untuk hasil maksimal, lakukan seminggu sekali. Karena kotoran akibat asap yang bercampur uap minyak bisa menetes jika tidak rutin dibersihkan. Bayangkan kotoran mencemari masakan anda, bisa-bisa sakit perut setelah makan.
Untuk langkah harian, anda bisa membersihkan badan cooker hood setelah selesai masak. Kompor yang digunakan untuk memasak akan memproduksi asap, uap dan minyak dari makanan. Zat-zat ini kemudian menempel ke cooker hood. Gunakanlah lap basah dan cairan pembersih minyak untuk menghilangkan zat tersebut. Kemudian supaya kering, lap lagi cooker hood dengan kain bersih.Langkah sederhanan ini bisa menjaga agar fisik cooker hood tidak keropos dan enak dipandang mata.
Untuk membersihkan cooker hood kompor secara maksimal, persiapkan peralatan seperti kain lap, sabun cuci piring, air dan oven. Selanjutnya anda bisa melepas penyaring (fiter) untuk dibersihkan.Pertama nyalakan oven hingga mencapai suhu 350o. Sambil menunggu panas, cuci filter dengan sabun cuci piring yang sudah anda sediakan. Gunakan kuas supaya anda bisa menjangkau lubang-lubang filter.Jika tidak memiliki kuas mungkin bisa menggunakan sikat gigi bekas yang ada di kamar mandi. Pastikan anda membersihkan secara menyeluruh.
Langkah berikutnya anda bisa melarutkan sabun cuci piring secukupnya dalam wadah tahan oven yang berisi air. Rendam filter dalam wadah tersebut dan masukan ke dalam oven yang sudah panas. Tunggulah hingga lima hingga sepuluh menit. Sambil menunggu, anda bisa membersihkan cooker hood di atas kompor dengan lap basah. Tidak hanya bagian luar, coba jangkau bagian dalam agar semua terbebas dari residu. Kemudian jika sudah selesai, anda akan melihat bagaimana minyak dan kotoran yang membandel sudah terlepas dari filter setelah wadah tadi dikeluarkan dari oven.
Langkah terakhir lap bersih filter dan jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, filter siap dipasang dan berfungsi seperti baru lagi.Anda bisa mencoba cooker hood kompor setelah dibersihkan. Pembersihan alat ini, tidak hanya untuk membersihkan kotoran yang secara kasat mata terlihat. Tetapi juga harus sekalian melenyapkan mikro-organisme pathogen, seperti kuman dan bakteri yang berkembang biak di dalamnya.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment