led tv in bed room

Tips LED TV Awet

Era TV tabung saat ini digantikan dengan era TV memiliki layar tipis misalnya televisi LED. Bentuk yang lebih ringan serta tipis jika dibandingkan TV tabung sehingga LED banyak peminatnya. Dengan demikian LED TV sangat mudah ditempatkan karena tak menyita banyak ruangan. Kualitas gambar pun lebih bagus. TV jenis ini butuh perawatan dengan baik agar awet mengingat harganya cukup mahal.

LED lebih sensitive bagian layarnya. Guratan atau goresan layar bisa menyebabkan kualitas gambar menurun. Maka sebaiknya hati-hati saat mengangkatnya. Perhatikan penempatannya dan hindari LED dari paparan matahari secara langsung. Cara yang paling baik meletakkan TV yaitu ruangan yang terlindung sinar matahari. Debu merupakan musuh utama dari LED. Jika menempel akan membuatnya kotor. Tumpukan debu bisa menutup lubang sirkulasi sehingga membuatnya jadi cepat panas. Debu bisa menyebabkan gangguan pada layar sehingga kualitas warna menurun. Langkah paling baik yaitu menjaga kebersihan peralatan elektronik.

Jenis Dari LED TV
Menawarkan gambar yang tajam dan jernih terapi uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Jumlah uang yang banyak membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk membelinya. Apalagi dalam waktu dekat sudah rusak. Akan tetapi semua anggapan tersebut salah karena jika LED TV dirawat dengan baik bisa bertahan sampai lama. Harganya pun bervariasi tidak semuanya mahal ada pula LED yang murah.

Sebelum membeli TV anda harus mengetahui jenis LED terlebih dahulu, LED terdapat dua macam yaitu:
·    LED LCD TV
LED LCD TV dikenal dengan televisi LED. Inilah yang paling banyak di pasar dan juga dibeli masyarakat. LED TV dapat dibilang juga bukan 100% LED karena jenis TV ini menggabungkan teknologi LED dan layar LCD. Jadi teknologinya saja berupa LED bukanlah layarnya. Dapat dibilang juga jenis ini baru menggunakan dari setengah sistem LED.
·    OLED TV
Organic Light Emitting Diodes lebih dikenal OLED yang menggunakan layar serta teknologi LED. Berbeda dengan LCD hanya menggunakan filter warna ataupun sinar UV misalnya TV plasma, OLED TV dengan warna merah, biru, hijau dengan mengirimkan listrik lewat bahan yang berbeda agar tercipta cahaya. Sehingga televisi jenis ini sangat tipis dan gambarnya jernih serta kontras. Namun ukurannya belum ada yang sebesar LED dan TV Plasma.

Cara Merawat LED TV Agar Tahan Lama
TV yang dipakai terus maka akan meredup karena lampu yang sudah tua. Masalah dari LED adalah menggunakan lampu putih, tidak awet seperti lampu warna yang lainnya. Beberapa LED TV menggunakan lampu putih tetapi ada pula yang memakai lampu warna RGB yang lebih awet. Selain memilih TV dilihat dari warna lampu juga harus melakukan beberapa hal yang bisa membuat TV awet.

Jika ingin LED anda tahan lama, lakukanlah beberapa hal berikut ini:
·    Matikan LED ketika tidak ditonton lagi
Cara ini paling sering disarankan karena banyak yang masih menyepelekannya. Terkadang anda melakukan agar di ruangan ada suaranya. Padahal hanya akan membuat umur TV tidak panjang lagi. Maka dari itu matikanlah TV anda apabila sudah tidak ditonton lagi. Selain TV awet  juga tagihan listrik jadi lebih murah.
·    Atur kecerahan warna
Jika TV di ruang tamu, pastikan memiliki penerangan hampir sama dengan showroom. Karena anda tidak harus mengatur kecerahan warna pada layar hingga tingkat paling tinggi. Pada umumnya umur televisi adalah 60.000 jam. Jika digunakan terus maka umurnya akan berkurang dan kecerahan warna tingkat tinggi.  Semakin kecerahan tinggi, makin cepat umur TV anda berkurang.
Selain dua cara di atas anda juga harus melakukan pengaturan kontras. Kontras merupakan pengatur yang membuat terang atau gelap. Makin tinggi kontras maka daya yang digunakannya juga tinggi  sehingga umurnya semakin cepat berkurang. Maka aturlah kontras LED TV anda pada standar. Jika ingin menonton kualitas HD, pilih movie.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment