Tips Memilih AC Bagi Para Konsumen

tips memilih ac bagi para konsumen

tips memilih ac bagi para konsumen

Suhu udara yang makin hari kian panas tentu mau tak mau membuat kita kewalahan. Tak jarang kita pun mengusahakan berbagai macam cara untuk merasakan sedikit kesejukan. Salah satunya tentu dengan memanfaatkan kipas angin ataupun pendingin udara. Pendingin udara atau AC memang lazim dipasang di setiap rumah di kawasan perkotaan. Paling tidak setiap kepala keluarga memiliki 1 pendingin udara untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.
AC tentunya bukan hanya sekedar barang pelengkap, tetapi sebagai kebutuhan pokok untuk saat ini. Mengingat peningkatan suhu udara yang makin drastis belakangan ini, siapapun tak menolak untuk memasang AC di rumahnya. Terlebih harga pendingin udara ini bisa disesuaikan dengan kemampuan kantong para penggunanya. Anda pun bisa membeli barang elektronik ini dengan cicilan dan bunga 0%. Tentunya cukup menggiurkan bukan promosi semacam ini bagi Anda yang belum memilikinya?
Bagi Anda yang kurang berpengalaman dengan alat elektronik semacam ini, tentunya para ahli teknisi tak segan-segan untuk membantu. Bahkan pemilik toko pun umumnya membantu para konsumen untuk memilih AC yang tepat. Perlu pula diingat, untuk memasang ukuran AC yang pas dengan ruangan tempat Anda memasangnya. Dengan kata lain Anda harus memilih berapa pk AC yang bakalan Anda gunakan untuk mendingin suhu ruangan.
Tips memilih AC
Ada banyak cara memang sebenarnya untuk memilih AC yang tepat dan baik. Setidaknya, beberapa tips berikut cukup membantu Anda memilih pendingin udara yang sesuai.
1. AC converter
Jangan segan-segan untuk bertanya jenis AC mana saja yang berconverter. Mengapa harus memilih AC converter untuk rumah Anda? Alasannya sangat simple, yaitu untuk menghemat pengeluaran listrik Anda per bulan. Seperti yang kita ketahui, beban listrik terberat sebenarnya pada saat AC baru mulai dinyalakan atau start. Dengan converter semacam ini, tentunya AC akan mengurangi beban pendingin secara otomatis walaupun AC dalam keadaan menyala. Anda pastinya sangat terbantu bukan dengan fitur yang satu ini.
2. Perhatikan kipasnya
Sebelum Anda membeli pendingin ruangan, cobalah untuk mengecek kipas AC tersebut. Sebagian teknisi mengatakan bahwa ukuran kipas yang besar akan memberikan efek lebih dingin. Selain itu, tentunya tidak menimbulkan suara berisik. Tak hanya itu, evapator lebar pada AC juga menandakan bahwa blower eksternal yang dimiliki pendingin udara tersebut juga cukup besar. Hal ini sangat diperlukan agar mesin bisa bekerja secara seimbang. Pilih jugalah kipas yang bergerigi agar tak menimbulkan efek berisik ketika dinyalakan.
3. Pertimbangkan fitur-fitur yang dimilikinya
Semakin canggihnya teknologi mau tak mau memang menghadirkan AC yang cukup mengesankan. Belakangan ini mulai banyak beredar AC yang mampu menyaring debu serta membasmi kuman. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga ketika menggunakan AC. Ibarat kata, Anda diuntungkan sekaligus dalam satu produk yang terjangkau. Fitur semacam ini telah dirancang oleh beberapa merk AC ternama yang telah terbukti kualitasnya. Sehingga Anda tak perlu takut jika mesin AC tidak berjalan normal atau cepat mengalami kerusakan.
4. Sesuaikan dengan interior rumah Anda
Bagi Anda yang terlalu peduli dengan keindahan rumah, tak ada salahnya untuk memilih AC yang sesuai. Mengingat ada banyak pilihan jenis serta warna AC yang dapat disesuaikan dengan keadaan interior rumah. Selain membangun keindahan, tentunya juga membuat Anda tak harus merasa risih ketika melihatnya. Itupun jika Anda ataupun anggota keluarga lain memiliki waktu yang cukup untuk memutuskan hal tersebut.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment