Tips Sederhana Mencuci AC

tips sederhana mencuci ac

tips sederhana mencuci ac

Ac Conditioner (AC ) merupakan salah satu perangkat elektronik yang dimiliki hampir disetiap kalangan. AC menjadi suatu kebutuhan ditengah hawa panas yang kian tidak menentu. Seringkali konsumen bertanya, merk AC apakah yang bandel dan awet, sebenarnya pada dasarnya setiap merk awet karena tentu saja sebelum beredar dipasaran sudah melewati berbagai tes agar layak pakai. Agar awet salah satu kuncinya adalah perawatan terhadap AC anda. Bagaimana cara merawat AC? Cucilah AC anda setidaknya 3 bulan sekali. Selain untuk merawat AC anda, juga baik bagi kesehatan anda.

Mencuci AC secara rutin sangat lah penting, karena ruangan berAC cnderung lebih lembab sehingga kualitas udara diruangan juga menjadi kurang bagus. AC sendiri memiliki fungsi selain mendinginkan ruangan yaitu fungsi filter udara, sehingga apabila filter nya sendiri kotor maka dapat dibayangkan kualitas udara yang dihasilkan. Jangka waktu 3 bulan merupakan batas maskimal untuk membersihkan AC , Karena pada umumnya indoor AC memiliki kemampuan memfilter hingga batas 3 bulan, lebih dari itu kotoran atau debu dapat menembus hingga evaporator indoor.

Dampak lain yang ditimbulkan adalah meningkatnya penggunaan arus listrik. Karena dalam kondisi AC yang kotor proses pendinginan AC menjadi lebih lama, sehingga otomatis kompresor bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Misalnya saja dalam kondisi normal hanya diperlukan 15 menit untuk mendinginkan suatu ruangan, namun dalam kondisi AC kotor dapat mencapai 30 menit sampai ruangan dingin.

Bagaimana cara mengetahui AC anda harus segera dicuci? AC yang kotor menghasilkan udara yang kurang bagus juga, aliran udara pun terhambat. Jadi apabila anda merasakan ailiran udara yang dihasilkan tidak segar atau merasakan bahwa AC sudah mulai tidak dingin itulah saatnya anda harus mencuci AC anda segera.

Mencuci AC hendaknya mencuci indoor dan outdoor juga sehingga memberikan hasil yang maksimal. Namun dalam mencuci indoor dan outdoor diperlukan kehati-hatian karena salah salah malah mengakibatkan AC rusak. Apabila anda merasa AC anda sudah tidak dingin dan kotor, namun belum ada waktu membuat janji dengan teknisi maka anda dapat membersihkan filter indoor terlebih dahulu. Saya akan memaparkan tips sederhana dalam membersihkan AC yang dapat anda lakukan sendiri dirumah tanpa bantuan teknsisi. Lakukan tahapan-tahapan dibawah ini terlebih dulu sebagai tindakan pertama pencegahaan .

  1. Buka filter indoor AC anda secara hati-hati
  2. Lepaskan filter yang ada didalam indoor. Filter indoor bentuknya seperti jaring-jaring kawat. Setelah dilepas, anda dapat mencucinya dengan air bersih. Untuk bagian-bagian kawat yang susah dibersihkan anda dapat menggunakan sikat halus.Anda dapat menggunakan sedikit sabut cair untuk menggosok. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dan pastikan semua debu telah hilang.
  3. Keringkan filter tersebut dengan kain kering. Angin-angin atau jemur sebentar filter hingga tidak ada lagi air. Pastikan filter sudah 100% kering sebelum anda pasang kembali.
  4. Bersihkan tutup AC dan dah tempat keluarnya aliran udara dengan kain yang dibasahi sedikit air. Pasang kembali filter ketempatnya.

Dengan melalukan tahapan-tahapan mudah diatas , anda dapat mengulur sedikit waktu sampai anda dapat membersihkan outdoor-dan indoornya. Perlu diingat, tahapan membersihkan ACdiatas hanya bersifat sementara waktu, dan tetap disarankan anda untuk mencuci AC secara menyeluruh karena tahapan diatas tidak dapat membersihkan debu yang ada di dalam outdoor dan indoor.

 

 

 

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment