tips memilih ac

Tips Seputar Memilih AC Yang Benar

Air conditioner, atau sering juga disebut dengan singkatannya AC, merupakan alat elektronik yang digunakan untuk menetralkan atau mendinginkan udara. Di negeri-negeri tropis seperti Indonesia dan Singapura, penggunaan AC sangatlah populer mengingat negara-negara tropis memiliki iklim dengan panas yang kerap kali membuat badan gerah. Sistem kerja dari AC ini sendiri cukup sederhana. Pertama, udara dalam ruangan dihisap oleh kipas yang terdapat dalam evaporator dan udara bersentuhan dengan pipa yang berisikan cairan refrigerant. Selanjutnya, tekanan uap yang timbul akibat sentuhan dari udara dan pipa dari evaporator dialirkan kepada kondensor. Sepanjang proses berlangsung, suhu beserta tekanan uap yang sudah dihasilkan tadi meningkat dan ditekan ke dalam kondesor. Untuk menurunkan tekanan cairan refrigerant, katup ekspansi digunakan untuk menyesuaikan alur aliran refrigerant yang ditekan ke dalam evaporator pada ac. Ketika kondensor mengeluarkan udara, maka udara akan menjadi panas, dan kemudian menjadi embun ketika dihadapkan dengan udara dingin yang terdapat pada kondensor dalam pipa kapiler. Karena air atau udara pendingin menyerap panas dari refrigerant, air atau udara menjadi panas ketika keluar dari kondensor.

Di Indonesia, AC merupakan salah satu produk elektronik rumah tangga dengan tingkat penjualan yang melimpah. Tentu saja hal ini sangatlah lumrah mengingat Indonesia terletak di daerah khatulistiwa dengan iklim tropis yang lembab. Keberadaan AC akan sangat membantu untuk mengusir rasa panas. Selain itu, keberadaan AC juga membantu untuk membuka ladang pekerjaan baru untuk orang-orang Indonesia, mulai sebagai penjual AC, tukang reparasi, dan sebagainya. Walaupun di Indonesia AC diasosiasikan dengan pendingin ruangan yang sering tertempel di dinding ruangan, sebetulnya AC memiliki banyak jenis. Mulai dari AC window, AC split, hingga AC sentral. AC window merupakan jenis AC dengan semua komponen yang tertempel pada satu base plate. AC window ini banyak digemari karean lebih hemat ruangan dan mudah dipindah-pindah dan dirawat. Untuk AC jenis split, komponen-komponen AC dibagi menjadi dua bagian yakni unit indoor dan unit outdoor. Yang terakhir, AC sentral. Pada AC central, udara dari ruangan didinginkan melalui cooling plant diluar bangunan dan setelah udara tersebut dingin, udara dialirkan kembali ke dalam ruangan.

Saat harus memilih AC, ada beberapa hal yang harus anda perhitungkan, yakni berikut dibawah ini:

  •  Konstruksi bangunan rumah anda: Bentuk bangunan rumah anda dapat memengaruhi sirkulasi udara di rumah anda. Saat anda akan membeli AC, hendaknya anda kenali baik-baik sistem sirkulasi udara di rumah anda, serta tempat-tempat strategis dimana anda harus meletakkan AC anda. Salah-salah, bisa jadi manfaat AC untuk mendinginkan udara malah tidak anda dapatkan jika anda meletakannya di tempat yang salah.
  •  Biaya listrik: Perhitungkan juga biaya listrik anda setelah anda memasang AC. Pasanglah AC sesuai dengan kebutuhan anda saja—misalnya cukup letakkan AC di tempat-tempat yang sering dihuni seperti kamar tidur atau ruang keluarga.
  •  Harga AC: Dalam memilih AC, hendaknya harga AC juga dimasukkan dalam pertimbangan anda. Sesuai pepatah, ada harga ada barang. Jangan mudah tergiur dengan harga AC yang murah, karena bisa jadi harga tersebut tidak diiringi dengan kualitas AC yang bagus.

Nah, jika anda ingin membeli AC dengan harga yang tidak terlalu memberatkan kocek, acmurah.com adalah solusi yang tepat untuk anda. Website ini memiliki berbagai macam pilihan AC yang bisa mengakomodasi kebutuhan anda. Untuk masalah kualitas pemasangan produk, tidak usah khawatir, sebab toko ac murah menyediakan teknisi yang berpengalaman. Tunggu apa lagi? Hanya di toko ac murah anda bisa mendapatkan harga AC yang sesuai dengan kantong dan layanan pemasangan berkualitas!

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment